Home Tabalong Hari Ini Lomba Teknologi Tepat Guna Kembali Digelar

Lomba Teknologi Tepat Guna Kembali Digelar

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong kembali menggelar Lomba Teknologi Tepat Guna tingkat Kabupaten, yang diselenggarakan pada Senin, 11 Desember 2023.

Lomba Teknologi Tepat Guna tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2023 diikuti sebanyak 14 tim yang berasal dari pelajar SLTP/SLTA dan masyarakat umum di Kabupaten Tabalong. Acara ini dilaksanakan di Gedung Pusat Informasi Pembangunan Tabalong.

Inovasi teknologi yang disampaikan oleh peserta lomba bervariasi, mulai dari mesin pemilah sampah, mesin ketam pelurus kayu, inovasi pembuatan vaping dari limbah sampah plastik, batako dari sampah plastik, baterai nabati, alat pembuat sekam elektrik, dan berbagai inovasi teknologi lainnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Yenni Septiani, menyampaikan bahwa lomba ini digelar sebagai ajang promosi dan uji terap hasil inovasi, dengan maksud untuk mempercepat penyebarluasan kepada masyarakat sebagai pengguna.

“Adapun tujuan dilaksanakannya lomba teknologi tepat guna adalah sebagai ajang promosi dan atau uji terap hasil inovasi atau pengembangan teknologi tepat guna dari masyarakat dan instansi lembaga pemerintah dan swasta dengan maksud untuk mempercepat penyampaian kepada pengguna juga sebagai memasyarakatkan atau penyebarluasan kepada masyarakat agar dapat dipahami, diterapkan dan dikembangkan.” ujar Yenni Septiani, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Kepala Dinas PMD Tabalong, Erwan Mardani, mengatakan bahwa kegiatan Lomba TTG tahun 2023 ini telah mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Namun, Erwan tetap berharap agar Lomba TTG lebih meningkat lagi di tahun yang akan datang.

Baca Juga  1523 Formasi Disiapkan Untuk P3K Kemenag Kalsel

“Lomba TTG tahun ini memang tidak banyak yang hadir, inilah orang-orang yang terbaik, orang-orang yang bagus yang memotivasi agar TTG ini lebih meningkat tahun yang akan datang, tetapi tolong mulai bapak ibu sekalian ceritakan saja informasikan saja TTG ini, biar masyarakat tahu.” ujar Erwan Mardani, Kepala DPMD Tabalong.

Pemenang dari Lomba TTG ini akan mewakili Kabupaten Tabalong dalam Lomba TTG tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga Erwan mengharapkan agar para dewan juri dapat lebih selektif dan serius dalam melakukan penilaian.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment