YABN Bekali Santri Ponpes Al-Islam Kambitin Membuat Meubel Berbahan Bambu

by tabalong hari ini
0 comment

Potensi tanaman bambu yang tersebar di sejumlah wilayah Tabalong mendapat perhatian khusus Yayasan Adaro Bangun Negeri .

Hal tersebut dituangkan YABN dalam bentuk pelatihan pemanfaatan bambu sebagai bahan aneka kerajinan bambu untuk para santri pengabdian dan sejumlah pengajar di Pondok Pesantren Modern Al-Islam Kambitin .

Pelatihan sendiri diberikan oleh 2 orang instruktur Yayasan Pengrajin Bambu Indonesia Cibinong Jawa Barat selama 10 hari, yang berfokus pada pembuatan meubel hingga gazebo berbahan dasar bambu.

Perwakilan Yayasan Adaro Bangun Negeri, Bambang Sudaryanto mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pembinaan yang dilakukan YABN di Ponpes Modern Al Islam Kambitin yang bertujuan untuk menghadirkan kemandirian para santri.

“Melihat sumber bambu yang ada di kalimantan khususnya di wilayah Tabalong dan Balangan yang ada maka tergeraklah bagaimana bambu yang ada biasanya tidak terpakai terbuang begitu saja kita gunakan untuk mengolah meubel dan kerajinan, maka untuk itu di lakukanlah pelatihan. Kemarin kita telah melakukan pelatihan untuk pembuatan meja kemudian kursi yang mana kita memerlukan waktu selama 3 hari dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan gazebo,” kata Bambang Sudaryanto

Adanya pelatihan ini pun mendapat tanggapan positif dari Direktur Ponpes Al Islam Kambitin , Rusdian . Menurutnya pelatihan ini dinilai mampu menambah skill para santri, sehingga nantinya para santri mampu menghasilkan produk yang bermanfaat.

“Insyaallah kalau yang pertama kita ya untuk diri sendiri pondok dulu dipakai dimeja tamu kah nanti atau gimana nah nanti kalau ini sudah berjalan sesuai bimbingan dari YABN Insyaallah kalau berjalan sesuai harapan kita bukan hanya untuk memakai sendiri tapi kita bisa percaya income supaya ada,” tutur Rusdian

Sementara itu, salah seorang Instruktur Dari Yayasan Pengrajin Bambu Indonesia , Khoirudin menuturkan , dalam pembuatan meubel maupun kerajinan, hal utama yang harus diperhatikan yakni mengenai pemilihan bambu, agar produk yang dihasilkan nantinya dapat bertahan lama.

“Bahan kita bambu itu terutama cara penebangan dan pengawetan ya jadi ketika itu penebangan atau pengawetan nya atau pemilihan bambu nya tidak tepat maka bahan ini akan mudah kena bubuk atau kekuatan nya kurang lama,” tutur Khoirudin

YABN pun berharap dengan adanya pelatihan ini, pihak ponpes dapat memaksimalkan pohon bambu yang ada di lingkungan area sekitar ponpes. Disamping itu juga diharapkan agar ponpes dapat terus melakukan penanaman bambu diarea ponpes, pasalnya salah satu manfaat dari tanaman bambu yakni dapat menjernihkan air di wilayah Pondok Pesantren Modern Al Islam Kambitin.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment