Home Keagamaan Pesantren Ramadan SDN 1.5 Belimbing Gandeng IKABASMA Ponpes Al-Falah

Pesantren Ramadan SDN 1.5 Belimbing Gandeng IKABASMA Ponpes Al-Falah

by Muhammad Rais
0 comment

Ratusan pelajar dari SD Negeri 1.5 Belimbing Kecamatan Murung Pudak mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan selama 4 hari, yakni mulai 18 hingga 21 Maret 2024. Melalui kegiatan ini, para pelajar diharapkan memiliki pengetahuan ilmu agama yang lebih mendalam.

Menggandeng Ikatan Keluarga Besar Santri Banua Lima atau IKABASMA Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru, Pesantren Ramadan di SD Negeri 1.5 Belimbing diikuti dengan antusias oleh para peserta didik.

Dalam Pesantren Ramadan ini, para peserta didik yang berasal dari kelas 4-5-6 mengikuti berbagai macam pembelajaran, mulai dari pendidikan akhlak, Qur’an dan Hadis, dan berbagai ilmu agama lainnya.

Salah satu anggota pelaksana Pesantren Ramadan, Zairullah Azhar, mengatakan, selain pembelajaran, kegiatan juga nantinya akan diisi dengan berbagai jenis lomba, sehingga para pelajar tidak hanya mendapatkan ilmu agama, namun juga dapat mengasah kemampuan serta mampu bersikap suportif satu sama lain.

“Materi yang kami sampaikan berupa akhlak, masalah Qur’an, Hadis, dan ilmu yang lainnya. Pada kesempatan ini kami ada mengadakan lomba, seperti azan, pidato, tartil, dan fashion show.” ujar Zairullah Azhar, Panitia Pesantren Ramadan.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 1.5 Belimbing Raya, menyambut baik adanya peran dari para santri dan santriwati ini. Melalui kegiatan ini, para pelajar diharapkan mampu memiliki karakter dan sopan santun yang baik, serta mampu melaksanakan berbagai kewajiban agama.

Baca Juga  Perkembangan Kasus TPPO, Polres Tabalong Kembali Tetapkan 5 Tersangka

“Harapannya itu lebih sopan santun dan bisa melaksanakan kewajiban-kewajibannya seperti sholat lima waktu, membaca al-Qur’an.” ujar Sri Sulanjari, Kepala SDN 1.5 Belimbing.

Kegiatan Pesantren Ramadan ini pun diharapkan dapat terus terlaksana dari tahun ke tahun, sehingga momen Ramadan dapat diisi para pelajar dengan berbagai kegiatan positif.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment