Home Tabalong Hari Ini Seluruh Kelurahan/Desa Ditetapkan Sebagai Kampung Keluarga Berkualitas

Seluruh Kelurahan/Desa Ditetapkan Sebagai Kampung Keluarga Berkualitas

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong menggelar Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas di Kabupaten Tabalong pada Kamis, 14 September 2023, di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong.

Pelaksanaan kegiatan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2023 ini mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas. Kegiatan ini melibatkan SKPD atau instansi terkait, camat se-Kabupaten Tabalong, dan undangan lainnya.

Kampung Keluarga Berkualitas merupakan satuan wilayah setingkat desa, di mana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensi, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, mengatakan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya dukungan dari seluruh lintas sektor. Oleh karena itu, diharapkan seluruh lintas sektor dapat bersinergi agar bisa bersama-sama melakukan penguatan Kampung Keluarga Berkualitas di Tabalong.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Tabalong, telah ditetapkan bahwa 10 kelurahan dan 121 desa di Kabupaten Tabalong menjadi Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Kabupaten Tabalong.

“Ini adalah merupakan program BKKBN RI yang diteruskan ke daerah untuk menetapkan Kampung Keluarga Berkualitas, yang dulunya itu adalah namanya Kampung KB. Karena ini meluas, bukan hanya KB saja yang diutamakan, tapi ini adalah menciptakan sebuah keluarga yang berkualitas sehingga ini akan melibatkan semua lini, semua sektor, bukan hanya Dinas P3AP2KB saja, tapi semua sektor termasuk pertanian, kemudian PU-PR, dan lain sebagainya, semua sektor untuk menjadikan Kampung Keluarga Berkualitas ini. Sehingga kita telah menetapkan seluruhnya, jadi semua desa dan kelurahan di Tabalong telah ditetapkan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas dengan SK Bupati.” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong

Baca Juga  Pemkab Tabalong Terima Kunjungan Tim Ekspedisi Batang Banyu 2023

Pada kegiatan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas ini, para peserta akan diberikan materi oleh dua orang narasumber, yaitu dari perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepala BAPPEDALITBANG Tabalong.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment