Home Tabalong Hari Ini Pemkab Tabalong Dukung Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas

Pemkab Tabalong Dukung Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong mendukung penuh pelaksanaan program Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas. Pasalnya, kegiatan ini dinilai menjadi awal yang positif sebagai bentuk upaya pemberdayaan dan penguatan keluarga di tingkat kampung guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dukungan tersebut disampaikan Bupati Tabalong melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain Ahmad Yani, dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Kabupaten Tabalong, pada Kamis, 14 September 2023, di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong.

Norzain A. Yani menuturkan bahwa keluarga merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Keluarga sejahtera dan berkualitas merupakan pondasi dasar bagi keutuhan, kekuatan, dan keberlanjutan pembangunan.

Oleh karena itu, pembangunan keluarga menjadi aspek penting yang mutlak harus dilakukan, sehingga terciptanya keluarga berkualitas yang dapat mendukung masa depan bangsa, termasuk Kabupaten Tabalong.

“Untuk itu diperlukan gerakan bersama dan kegiatan terintegrasi dalam sistem penguatan dan pemberdayaan institusi keluarga melalui kampung keluarga berkualitas, dimana terdapat perpaduan program pembangunan antara program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga, dan pembangunan sektor terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.” ujar Norzain A. Yani, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong

Sementara itu, Ketua Pokja Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Sopyan, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa Program Kampung Keluarga Berkualitas ini merupakan instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2022. Instruksi tersebut mewajibkan seluruh desa dan kelurahan untuk menjadi Kampung Keluarga Berkualitas dengan harapan dapat menciptakan generasi emas pada tahun 2045.

Baca Juga  Bupati Anang Ajak Muhammadiyah Bantu Percepatan Pembangunan Tabalong

“Sesuai dengan komitmen dari Bapak Presiden mengharapkan tahun 2045 tercipta Indonesia yang memiliki generasi emas, dalam hal ini adalah memiliki kualitas SDM yang benar-benar berkualitas.” ujar Sopyan, Ketua Pokja Bidang Pengendalian Penduduk, BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan

Sopyan berharap bahwa seluruh desa dan kelurahan yang telah membentuk Kampung Keluarga Berkualitas dapat melakukan suatu transformasi perubahan untuk meningkatkan konvergensi lintas sektor pemerintah daerah.

Kampung Keluarga Berkualitas akan dilakukan evaluasi penilaian berjenjang setiap tahunnya, baik dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengukur bagaimana kegiatan ini dapat berjalan dengan optimal.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Top of Form

Related Articles

Leave a Comment