Panwaslu Desa, Kelurahan Dibuka

by tabalong hari ini
0 comment

Jelang pelaksanaan pemilu 2024, badan pengawas pemilu Tabalong membuka pendaftaran panitia pengawas pemilu ditingkat Desa, Kelurahan. Anggota Panwaslu ini nantinya akan bertugas mengawasi jalannya seluruh tahapan pemilu di 131 desa, kelurahan.

Pendaftaran panitia pengawas pemilu atau panwaslu di desa dan kelurahan dibuka mulai tanggal 14 sampai dengan 19 Januari 2023 , melalui 12 panitia pengawas pemilu kecamatan atau Panwascam .

Total sebanyak 262 anggota Panwaslu akan dicari untuk ditempatkan di 131 desa dan kelurahan yang ada di Tabalong dengan alokasi masing-masing desa, kelurahan sebanyak 2 orang anggota Panwaslu.

Sesuai edaran yang di keluarkan bawaslu Tabalong, terdapat sejumlah persyaratan umum yang wajib dilengkapi calon panwaslu desa dan kelurahan , diantaranya surat lamaran , daftar riwayat hidup,  fotocopy ktp elektronik , pas foto terbaru ukuran 3×4 dua lembar, foto copy ijazah terakhir , dan syarat lainnya .

Saat ditemui di ruang kerjanya Rabu 11 Januari 2023 Ketua Bawaslu Tabalong Hirsan mengatakan selain syarat tersebut pihaknya juga mengharapkan sosok Panwaslu yang memiliki kepribadian tangguh, pasalnya Panwaslu desa dan kelurahan merupakan ujung tombak dari pengawasan itu sendiri. Mengingat setelah selesai tahapan seleksi rekrutmen Panwaslu kelurahan dan desa, nantinya akan segera bergerak menjalankan tugas pengawasan yakni mengawasi dukungan Calon DPD.

“Ya memang sesuai yang kita harapkan dari masyarakat itu orangnya harus netral, berwibawa, tegas dan bisa mandiri. Khawatirnya desa inikan ujung tombak kita di kabupaten, klo sampai ujung tombak kami ini gembos, akan cepat banar, otomatis nanti teman-teman dari parpol pasti akan kesitu arahnya dari setiap kecamatan kebawah karena klo dari kabupaten mungkin agak berat kesitu ya karena selaku ujung tombak” ujarnya.

Hirsan juga berharap, dibukanya Panwaslu desa dan kelurahan dapat disambut antusias oleh masyarakat Tabalong, sebagai upaya menciptakan pemilu yang adil dan sukses, selain itu keterwakilan perempuan masih menjadi prioritas sesuai imbauan yang di arahkan bawaslu pusat.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment