Home Tabalong Hari Ini Petani di Haruai Terima Alat Pemadam Portable

Petani di Haruai Terima Alat Pemadam Portable

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyerahkan bantuan alat pengendalian kebakaran lahan dan kebun bagi kelompok tani di Kecamatan Haruai pada Selasa, 25 Oktober 2023.

Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani kepada 4 kelompok tani selama kunjungan kerja bersama Wakil Bupati beserta unsur Forkopimda Tabalong ke Kecamatan Haruai.

Bantuan berupa alat pemadam api portabel terdiri dari mesin pompa air portabel, selang hisap, selang semprot, baju pemadam khusus, sepatu bot, dan helm. Bantuan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Sebanyak 2 alat pemadam merupakan bantuan dari Pemerintah Daerah Tabalong, sementara 6 alat pemadam lainnya merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, Soleh, menjelaskan bahwa bantuan ini khusus diberikan kepada kelompok tani yang berada di wilayah rawan kebakaran lahan dan kebun.

“Dilain sudah ada ya, dikecamatan tanta juga sudah ada, nanti kita akan merambah ke daerah daerah yang memang rawan kebakaran, seperti lahan gambut pun kita bisa bantu, tapi kita ini utamakan dulu untuk daerah daerah yang untuk kebun karet ya terutama” ujar Soleh, Kepala Disbunak Tabalong.

Soleh berharap alat pemadam ini akan digunakan sebaik mungkin, tidak hanya untuk mengendalikan kebakaran, tetapi juga dapat digunakan oleh para petani untuk menyiram tanaman saat musim kemarau.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment