Home Tabalong Hari Ini Tangis Haru Warnai Momen Pengukuhan Siswa SMAN 2 Tanjung

Tangis Haru Warnai Momen Pengukuhan Siswa SMAN 2 Tanjung

by Muhammad Rais
0 comment

Ratusan siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 2 Tanjung resmi dikukuhkan pada Sabtu lalu. Diharapkan siswa-siswa ini menjadi contoh alumni dan panutan yang berkarakter baik di masyarakat.

Pengukuhan siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 2 Tanjung tahun pelajaran 2023-2024 digelar pada Sabtu, 27 April 2024, di Gedung Sarabakawa Tanjung.

Acara pengukuhan dibuka dengan penampilan tari Zapin Melayu dan menyanyikan duet lagu “11 Januari” oleh Gigi. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars SMA Negeri 2 Tanjung, dan Mars Bergerak.

Selanjutnya, Kepala SMA Negeri 2 Tanjung, Hamsarudin, menyerahterimakan piagam penghargaan kepada siswa-siswi kelas XII peraih nilai tertinggi 1, 2, dan 3 pada masing-masing kelas, didampingi orang tua atau walinya.

Kemudian kepala sekolah mengukuhkan 234 siswa-siswi lulusan ke-39 SMA Negeri 2 Tanjung ini, yang terdiri dari 8 kelas, yaitu 1 kelas Bahasa, 3 kelas IPS, dan 4 kelas MIPA.

Lalu dilanjutkan dengan pelepasan badge dan tanda lokasi sekolah pada perwakilan siswa-siswi yang telah dikukuhkan, serta diikuti oleh seluruh siswa-siswi.

“Jadi alumni ini setelah dikukuhkan secara institusi atau lembaga sekolah resmi menyerahkan kepada orang tua, pembinaan dan karakter segala macamnya ke mereka di lingkungan rumah. Nah seterusnya proses administrasi bisa diselesaikan sampai dengan tanggal 6 Mei di sekolah. Jadi pengumuman kelulusan itu penanggalannya 6 Mei,” ungkap Hamsarudin, Kepala SMAN 2 Tanjung.

Baca Juga  Verifikasi Lapangan Evaluasi Kabupaten Layak Anak 2023

Sementara itu, Ketua Komite SMA Negeri 2 Tanjung, Rini Irawanty, berpesan kepada orang tua atau wali siswa-siswi agar melanjutkan perjuangan anak-anaknya yang berminat di bidang pendidikan, baik perguruan tinggi maupun sekolah kedinasan.

Diharapkan dengan mengenyam ke pendidikan yang lebih tinggi, anak-anak menjadi lebih baik dan menjadi generasi calon pemimpin Kabupaten Tabalong.

“Jikalau pun ada hambatan dengan pembiayaan mungkin bisa bekerjasama dengan dinas-dinas terkait dan saya yakin pihak sekolah pun memikirkan jauh-jauh hari bagi anak-anak berprestasi yang tidak mampu melaksanakan pendidikan tingkat tinggi, ada jenjang-jenjang yang melalui beasiswa jalur pendidikan di dinas pendidikan ataupun bantuan csr yang bisa digunakan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih baik.” Rini Irawanty, Ketua Komite SMAN 2 Tanjung.s

Acara pengukuhan diakhiri dengan pengalungan tanda alumni kepada siswa-siswi kelas XII yang lulus, bersalam-salaman antara guru dan staf sekolah dengan alumni dan orang tua, serta foto bersama masing-masing kelas.

Terpantau isak tangis para siswa-siswi pun pecah, mengingat mereka akan berpisah dengan teman-teman semasa 3 tahun menghabiskan waktu bersama di bangku SMA.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment