Lomba Ketangkasan BPK Se-Kalsel Teng Digelar di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Sebanyak 64 kelompok barisan pemadam kebakaran (BPK), dan unit penanggulangan bencana swadaya (UPBS) se-Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, mengikuti lomba ketangkasan pemadam kebakaran, pada Minggu 30 Oktober 2022, di Stadion Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong. Melalui kegiatan lomba ini, ketangkasan, kesigapan, dan kerjasama setiap kelompok dipertandingkan, untuk menentukan kelompok yang lebih cepat, dan tepat dalam memadamkan sasaran titik api.

Ketua Pelaksana Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran, Rojali menuturkan, awalnya pihak panitia hanya ingin menggelar lomba antar UPBS Wilayah Selatan Tabalong, namun karena informasi kegiatan mendapat respon positif dari BPK dan UPBS daerah lain, sehingga cakupannya diperluas Se-Kalsel-Teng. Dari 64 peserta yang mengikuti perlombaan, terhitung lebih dari 50 persen berasal dari Luar Tabalong.

Rojali mengaku, bersyukur lomba ketangkasan pemadam kebakaran dapat digelar kembali, seiring landainya kasus covid-19 di Kabupaten Tabalong. Ia pun mengapresiasi, seluruh pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan ini.

“Pada dasarnya kami sudah merencanakan di Tahun 2019, namun waktu itu terkendala covid gitu. (Akhirnya tahun ini baru kembali dilaksanakan?) Iya. Alhamdulillah dengan dorongan dari pihak kecamatan kami, dan rekan-rekan UPBS lainnya, serta bantuan dari pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Hari ini, tahun ini, dapat terlaksana dengan baik,” terangnya.

Pada lomba ketangkasan pemadam kebakaran Se-Kalsel-Teng Tahun 2022, pihak panitia menyiapkan teknologi VAR, atau video assistant referee, meski secara sederhana. Teknologi ini diberlakukan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan, apabila terjadi persaingan ketat saat masing-masing kelompok menjatuhkan sasaran titik api.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment