Stok Sapi Berkurang, Ponirin Akui Imbas PMK

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Inilah kondisi peternakan sapi milik Ponirin, salah satu supplier sapi Tabalong yang ada di Jalan Belly Kelurahan Hikun. Kondisi kandang hanya diisi sekitar 20 sapi dari jenis Limosin, Simental, Bali, dan Sapi Sulawesi. Kondisi ini jauh berbeda dari tahun sebelumnya, yang diisi hampir 50 sapi dalam menghadapi permintaan pelanggan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Ponirin menjelaskan, kurangnya stok sapi dalam menghadapi Idul Adha lantaran harga beli yang tinggi, karena harus ditambah biaya karantina selama 14 hari. Saat ini pembelian sapi dari luar daerah diwajibkan menjalani proses karantina, dengan biaya mencapai Rp 5 juta untuk satu ekor sapi.

“Untuk hari ini ngalih banar, masalahnyakan yang dulu 3 hari penyeberangan langsung sampai Tanjung. Sekarang dikarantina 14 hari, biaya karantina aja untuk sampai Tanjung seekor sapi itu sekitar Rp 5 juta. Membengkak” Kata Ponirin

Ponirin menambahkan, biaya tambahan tersebut merupakan pengeluaran pakan sapi selama 14 hari karantina, biaya tambahan kru angkut sapi, dan biaya administrasi lainnya. (Gazali Rahman).

Related Articles

Leave a Comment