Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Website SKPD, Toto Fachrudin: Idealnya Update Konten 4 Hari Sekali

Tingkatkan Website SKPD, Toto Fachrudin: Idealnya Update Konten 4 Hari Sekali

by Muhammad Rais
0 comment

Keaktifan website dan kaidah penulisan SEO (Search Engine Optimization) jadi materi yang ditekankan dalam workshop pengelolaan website SKPD di lingkup Pemkab Tabalong. Website SKPD diharapkan aktif menyampaikan informasi publik terkini kepada masyarakat, dengan gaya penulisan yang memiliki daya tarik serta memberikan dampak yang luas.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Direktur Radar Banjarmasin, Toto Fachrudin, usai memberikan materi workshop pengelolaan website SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong pada Selasa, 5 September 2023, di aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabalong, Tanjung.

Toto mengungkapkan salah satu kelemahan website SKPD Pemkab Tabalong, hampir sama seperti seluruh SKPD di Indonesia, yaitu jarang diupdate. Menurutnya, hal ini dikarenakan konten yang disajikan cenderung bersifat kegiatan seremonial, padahal dapat diisi dengan informasi setiap bidang dan sub-bidang SKPD.

Selain itu, admin pengelola website tidak melekat terhadap fungsi dan tugas secara definitif, melainkan hanya tugas tambahan, sehingga tidak diupdate selama berbulan-bulan bahkan hingga satu tahun. Menurutnya, update informasi terkini idealnya maksimal 4 hari sekali.

Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Selatan ini juga mengungkapkan pentingnya memahami teknik penulisan informasi berbasis website, karena platform digital memiliki karakteristik berbeda dengan media lain, dan harus memenuhi kaidah penulisan SEO (Search Engine Optimization) dan standar algoritma.

Ia juga berharap agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat memiliki daya tarik dan memberikan dampak yang luas.

Baca Juga  Korpri Hadirkan Program Babulik Gratis Banjarmasin-Tanjung

“Tidak seperti platform cetak mungkin ya, atau seperti cerpen, atau gaya tulisan jurnalisme sastra. Menarik atau enak dibaca itu tidak cukup kalo di platform digital, tetapi juga harus bagaimana sebuah berita itu merangkum atau memiliki kata kunci – kata kunci tepat agar dia ramah SEO, itu salah satunya. Karena itu tadi pembekalan ini menjadi penting agar mereka paham bahwa menjadi humas digital juga harus bagaimana membuat berita atau informasi berbasis platform digital,” ungkap Toto Fachrudin, Wakil Direktur Radar Banjarmasin.

Pada kesempatan ini, Toto mengapresiasi workshop yang difasilitasi Diskominfo Tabalong, karena merupakan langkah yang sangat baik agar SKPD lebih terampil dan paham bahwa website adalah salah satu media sarana penyampaian informasi kepada publik, terlebih saat ini adalah era keterbukaan informasi publik.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment