Siswa SMPN 4 Tanjung Gelar Karnaval Budaya

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan siswa SMP Negeri 4 Tanjung mengikuti karnaval budaya peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang digelar pihak sekolah, pada 16 Agustus 2022. Karnaval budaya dimulai dari SMP Negeri 4 Tanjung, ke arah SMK Negeri 1 Tanjung, lalu berkeliling melalui jalan Tanjung Selatan 5.

Dalam karnaval budaya ini, para siswa SMP Negeri 4 Tanjung menggunakan pakaian adat berbagai daerah, dan pakaian berbagai profesi pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk menampilkan, memperkenalkan, dan melestarikan keberagaman budaya di Indonesia, mengingat bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam.

Usai karnaval budaya, peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dilanjutkan dengan lomba merias wajah atau make up. Perwakilan siswa pada masing-masing kelas mengikuti lomba ini, dengan maksimal dua kelompok setiap kelasnya. Setiap kelompok terdiri dari dua orang, yakni perias yang ditutup matanya menggunakan kain, dan model yang dirias sekaligus bertugas mengarahkan riasan.

Lomba terakhir ialah tarik tambang antar kelas dengan beranggotakan enam orang. Lomba tarik tambang terbagi kategori putra dan puteri. Kepala SMP Negeri 4 Tanjung, Iskandar mengaku, bangga dengan antusias dan kreatifitas siswa selama kegiatan, khususnya dalam hal menampilkan keberagaman pakaian adat.

“Kita patut berbangga ternyata dengan kreatifitas yang ditunjukkan oleh para siswa pada hari ini, antusias sekali, dan ini dapat kita lanjutkan lagi dalam event-event peringatan pada yang akan datang,” kata Iskandar.

Iskandar berharap, melalui kegiatan ini para siswa sadar akan pentingnya keberagaman yang ada di Indonesia, serta kesatuan dan persatuan bangsa indonesia dapat terjalin dengan baik.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment