Home Tabalong Hari Ini Sosialisasi Keluarga Sadar Hukum Sasar Desa P2K2 di Kecamatan Kelua

Sosialisasi Keluarga Sadar Hukum Sasar Desa P2K2 di Kecamatan Kelua

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong menggelar sosialisasi dan pembinaan Kadarkum kepada desa pelaksana program P2K2 pada Selasa, 5 September 2023, di Aula Kantor Kecamatan Kelua.

Sosialisasi dan pembinaan Keluarga Sadar Hukum diikuti oleh empat desa di Kecamatan Kelua dan Kecamatan Muara Harus yang menjadi sasaran desa pelaksana peningkatan kualitas keluarga atau (P2K2).

Desa-desa tersebut adalah Desa Bahungin dan Desa Ampukung Kecamatan Kelua, serta Desa Padangin dan Desa Tantaringin Kecamatan Muara Harus.

Materi yang disampaikan berkaitan dengan aturan hukum dari Pemerintah Daerah Tabalong, serta tentang Undang-Undang Perkawinan di lingkungan masyarakat yang disampaikan oleh Pengadilan Agama Tanjung.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, menyampaikan bahwa melalui sosialisasi ini, peserta yang sebagian besar terdiri dari kepala desa dan PKK se-kecamatan Kelua dapat menyampaikan hasil sosialisasi ini kepada masyarakat di desanya masing-masing. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan tatanan dan kesejahteraan keluarga di desa, serta membuat masyarakat lebih sadar hukum.

“Keluarga sadar hukum ini pada hari ini dilaksanakan sosialisasi kepada mereka yang desanya pernah dibentuk itu, sehingga mereka diharapkan juga memberikan edukasi, pemahaman kepada masyarakat disekitarnya, sehingga tercipta tatanan yang baik di masyarakat itu sadar hukum semua, sehingga masyarakat aman, tentram dan tentunya dalam berkehidupan yang bagus-bagus. Kita berharap dengan kegiatan sosialisasi ini keadaan di wilayah tersebut menjadi lebih baik, lebih meningkat kesejahteraannya,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Baca Juga  Komisi III DPRD Dorong Pembangunan Embung di Selatan Tabalong

Sementara itu, Camat Kelua, Suwandi, menyambut baik digelarnya sosialisasi Kadarkum di wilayah Kecamatan Kelua, terutama bagi desa yang mengikuti penilaian P2K2 untuk lebih menambah pengetahuan tentang kesadaran hukum.

“Saya menanggapi secara positif dan alhamdulillah kecamatan Kelua memang tahun ini sasaran kepada keluarga yang desanya pada tahun ini sebagai P2K2 untuk mewakili kabupaten Tabalong ke tingkat provinsi, jadi saya sangat bangga, dan ini dari P2K2 diikutsertakan, jadi apresiasi dan positif kami menanggapi,” ujar Suwandi, Camat Kelua.

Seperti diketahui, Desa Ampukung Kecamatan Kelua akan mewakili Kabupaten Tabalong dalam penilaian P2K2 tingkat provinsi Kalimantan Selatan yang akan digelar pada bulan Oktober mendatang.

Selain di Kecamatan Kelua, kegiatan serupa turut digelar oleh DP3AP2KB Tabalong di 10 kecamatan lainnya yang ada di Tabalong. Kegiatan ini difokuskan di enam lokasi berbeda, seperti Kecamatan Murung Pudak, Tanjung, dan Tanta yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Tanta; Kecamatan Jaro dan Muara Uya yang digelar di Aula Desa Namun Kecamatan Jaro; Kecamatan Bintang Ara yang digelar di Aula Kantor Kecamatan setempat, serta Kecamatan Banua Lawas dan Pugaan yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Pugaan.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment