Home Editor's Picks Puskesmas Kelua Masuk 6 Besar Lomba Pelayanan Puskesmas Ramah Anak Kalsel

Puskesmas Kelua Masuk 6 Besar Lomba Pelayanan Puskesmas Ramah Anak Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Selain penilaian standardisasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Puskesmas Kelua juga masuk dalam tahap penilaian lomba pelayanan Puskesmas Ramah Anak tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Tim verifikasi lapangan lomba pelayanan Puskesmas Ramah Anak Provinsi Kalimantan Selatan mengunjungi Puskesmas Kelua, Kecamatan Kelua, Jumat 4 Agustus 2023.

Kunjungan dilakukan untuk memverifikasi data administrasi dengan fakta di lapangan lantaran Puskesmas Kelua masuk 6 besar lomba pelayanan Puskesmas Ramah Anak se-Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalsel, Andrian Anwary, menyampaikan dari sejumlah indikator penilaian, secara administrasi Puskesmas Kelua dianggap telah sesuai dengan data dan fakta lapangan.

“Jadi kalau menurut indikator yang sudah disampaikan oleh Puskesmas Kelua, itu kita lihat di lapangan ya menggembirakan, jadi artinya apa yang sudah mereka sampai secara administrasi, secara tertulis, itu sebagian besar sudah tergambar kan di lapangan pada saat kami visit ke Puskesmas.” ujar Andrian Anwary, Kabid Pemenuhan Hak Anak DPPPA Kalsel.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong Taufiqurrahman Hamdie, mengaku sangat bersyukur atas capaian yang diraih oleh Puskesmas Kelua hingga saat ini. Pihaknya sendiri akan terus mendorong Puskesmas Kelua menjadi rujukan 17 Puskesmas yang ada di Tabalong.

Baca Juga  Kondisi Cuaca Jadi Sebab Harga Bawang Melonjak

“Jadi saya tetapkan Puskesmas Kelua sebagai rujukan nanti dari 17 Puskesmas yang ada untuk mengacu pada Puskesmas Ramah Anak, dan ini strategi ke depannya adalah dalam rangka mendongkrak kabupaten Tabalong meningkatkan status Nindya menjadi status utama, itu yang tujuan akhir kami,” ujar Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Dari hasil verifikasi lapangan, Dinas PPPA Provinsi Kalimantan Selatan akan segera mengumumkan kandidat 3 besar terbaik pelayanan Puskesmas Ramah Anak di Kalimantan Selatan dalam waktu dekat.

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment