Home Tabalong Hari Ini BUMDES Padangin Wakili Tanta dalam Lomba BUMDES Se-TABALONG

BUMDES Padangin Wakili Tanta dalam Lomba BUMDES Se-TABALONG

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Kabupaten Tabalong kembali melakukan penilaian lomba BUMDES ke perwakilan BUMDES di tiap kecamatan di Tabalong. Kali ini penilaian BUMDES dilakukan di Desa Padangin Kecamatan Tanta.

Kegiatan penilaian lomba BUMDES yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Kabupaten Tabalong dilaksanakan pada Selasa, 13 Februari 2024, di Kantor Desa Padangin Kecamatan Tanta.

Penilaian dilakukan oleh tiga orang pegawai DPMD Tabalong serta tiga orang tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa atau P3MD.

Adapun indikator penilaian terdiri dari administrasi, penyertaan modal dari Pemerintah Desa, laporan keuangan, kondisi dan hasil usaha, kontribusi terhadap PADes, serta tingkat partisipasi wanita dan dampak terhadap masyarakat.

Saat ditemui disela-sela penilaian, Kepala DPMD Tabalong, Erwan Mardhani, mendorong agar pihak Pemerintah Desa dan BUMDES Desa Padangin kembali memastikan administrasi serta dasar hukum yang tepat.

“Saya tadi sudah memberikan saran kepada kepala desa dan BUMDES, pastikan aturannya sudah beres kah? Aturan dasar Kementerian Hukum dan HAM dan juga Kementerian Desa dan PDTT dasar hukumnya itu. Kalau dasar hukumnya sudah beres, saya kira bisa dilanjutkan dengan baik, tapi kalau belum beres, tuntaskan dulu itu. Lalu ditambah usaha perkebunan, pertanian begitu ya. Dan usaha-usaha untuk masyarakat,” ujar Erwan Mardhani, Kepala DPMD Tabalong.

Baca Juga  Lewat Kader Posyandu, Dinkes Dorong Pemanfaatan Buku KIA

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Padangin, Rahmadi, mengatakan bahwa pihaknya akan berkomitmen untuk mengevaluasi segala saran dan masukan yang telah diberikan oleh tim penilai, sehingga ke depannya BUMDES yang ada dapat benar-benar berkembang.

“Yang jelas apa yang tim penilai sampaikan, kekurangannya akan kami benahi. Bagaimana kedepannya saran-saran dari tim penilai akan kami usahakan dan kami laksanakan. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik,” kata Rahmadi, Kepala Desa Padangin.

Diketahui, BUMDES Padangin saat ini mengelola berbagai usaha, di antaranya pengelolaan sampah, penyewaan tarup, serta pengembangan nursery tanaman hias. Berdasarkan data per tahun 2023, BUMDES Padangin menghasilkan laba bersih kurang lebih 8 juta rupiah.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment