Home Tabalong Hari Ini Jalankan Usaha PAM Desa, BUMDES Berkah Bersama Maburai Hasilkan Laba Rp 40 Juta

Jalankan Usaha PAM Desa, BUMDES Berkah Bersama Maburai Hasilkan Laba Rp 40 Juta

by Muhammad Rais
0 comment

Tingginya capaian laba bersih dari usaha BUMDES Berkah Bersama Desa Maburai mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Tabalong. Keberhasilan ini pun diharapkan dapat menjadi contoh bagi seluruh desa dan BUMDES lainnya di Tabalong.

Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Kabupaten Tabalong, Erwan Mardhani, saat diwawancarai usai meninjau kegiatan penilaian lomba BUMDES di Kantor BUMDES Berkah Bersama Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, pada Senin, 13 Februari 2024.

Diketahui, BUMDES Berkah Bersama Maburai memiliki berbagai unit usaha, seperti usaha mitra BUMDES, pengelolaan sampah, usaha pembibitan, serta usaha pengolahan air minum desa atau PAMDES. Dari unit usaha tersebut, BUMDES ini mampu menghasilkan laba bersih hingga 40 juta rupiah per tahun.

“Pendapatannya luar biasa, setahun minimal pendapatan 40 jutaan, 1 tahun full ya, mulai Januari sampai Desember itu laba bersihnya. Jadi ini bisa dijadikan contoh bagi BUMDES lainnya,” ujar Erwan Mardhani, Kepala DPMD Tabalong.

Sementara itu, Kepala Desa Maburai, Edy Rahmanto, menjelaskan bahwa segala unit usaha yang dikembangkan tersebut beranjak dari permasalahan dan kebutuhan yang ada di desanya, khususnya untuk pengelolaan sampah dan juga PAM Desa.

“Kami berkaca pada kebutuhan dan juga masalah yang ada di desa. Kita ambil contoh, misalnya sampah. Yang mana kemarin juga kenapa kita menggeluti itu ya, karena di Maburai dekat dengan perkotaan, tentunya masalah sampah ini menjadi polemik bagi masyarakat. Kita juga memberikan opsi dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, juga terkait air bersih sebenarnya juga dasarnya adalah masalah yang ada di Desa Maburai. Nah, ini yang kami upayakan dari pemerintahan desa dan juga melalui BUMDES itu sendiri,” jelas Edy Rahmanto, Kepala Desa Maburai.

Baca Juga  Pemkab Tabalong: Business Day SDIT An-Nahl Sejalan dengan Program Pemerintah

Edy menambahkan bahwa pihaknya menyambut baik adanya kegiatan lomba BUMDES. Pasalnya, melalui kegiatan ini, pengelola BUMDES dapat melakukan pembaharuan dan evaluasi agar pengelolaan dan usaha BUMDES menjadi lebih baik lagi.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment