Home Tabalong Hari Ini Bawaslu Tabalong Awasi Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

Bawaslu Tabalong Awasi Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

by Muhammad Rais
0 comment

Bawaslu Tabalong menempatkan 6 personil untuk mengawasi tahap penyortiran dan lipat surat suara Pemilu tahun 2024. Pihak Bawaslu pun meminta agar petugas sortir lipat memperhatikan kriteria penyortiran dan pelipatan, serta mematuhi tata tertib.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tabalong, Muhammad Zainudin, saat pelaksanaan tahap penyortiran dan lipat surat suara Pemilu tahun 2024 pada Kamis, 4 Januari 2024.

Zainudin mengatakan Bawaslu menempatkan 6 personil, atau masing-masing 3 personil, untuk melakukan pengawasan di 2 tempat pelaksanaan sortir lipat.

Pengawasan dilakukan sejak awal proses pemindahan surat suara dari gudang logistik satu KPU Tabalong di belakang Mapolres Tabalong Pembataan, ke dua tempat pelaksanaan sortir lipat.

“Harapannya mudah-mudahan kegiatan sortir lipat ini bisa berjalan dengan lancar, berjalan sesuai aturan, dan tetap dilaksanakan pengawasan melekat sampai akhir kegiatan, yaitu tanggal 7 Januari nanti dari tanggal 4,” ujar Muhammad Zainudin, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran & Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tabalong.

Muhammad Zainudin meminta agar petugas sortir lipat memperhatikan kriteria penyortiran dan pelipatan surat suara, serta mematuhi tata tertib. Tata tertib yang dimaksud antara lain menjaga kebersihan lokasi sortir lipat dari makanan, minuman, dan abu rokok, serta tidak memfoto dan menyebarluaskan surat suara.

Diketahui, penyortiran dan lipat surat suara dilakukan di 2 tempat, yaitu Auditorium STIA Tabalong, Pembataan, dan gudang logistik dua KPU Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak. Pada tahap awal ini, disalurkan 104 box surat suara DPR-RI ke STIA, dan 20 box surat suara Presiden dan Wakil Presiden ke gudang logistik KPU. Masing-masing box berisikan 500 surat suara.

Baca Juga  Band Serangkai Mata Jadi Wadah Anak Muda Kolaborasikan Musik Tradisional & Modern

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment