Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Jamaah Haji Tabalong Kedapatan Bawa Barang Cairan Melebihi Batas Maksimal

Jamaah Haji Tabalong Kedapatan Bawa Barang Cairan Melebihi Batas Maksimal

by tabalong hari ini
0 comment

Sebelum Keberangkatan Jamaah Haji Kloter Dua Kalimantan Selatan Asal Kabupaten Tabalong, Seluruh Barang Bawaan Jamaah Haji Diperiksa Menggunakan Mesin X-Ray oleh Pihak Angkasa Pura. Pada Pemeriksaan Ini Ditemukan Sejumlah Barang Jamaah yang Melanggar Aturan.

Setelah Melalui Berbagai Rangkaian Kegiatan yang Dilakukan di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, 321 Jamaah Haji Kloter Kedua Asal Kabupaten Tabalong Bersiap untuk Diberangkatkan ke Bandara Syamsudin Noor Menuju Tanah Suci.

Persiapan Pemberangkatan Dimulai Sejak Pukul 16.30 Sore Hari Selasa, 30 Mei 2023.

Sebelum Memasuki Ruang Tunggu Pelepasan Jamaah, Seluruh Jamaah Termasuk Barang Bagasi yang Akan Dibawa ke Kabin Pesawat Diperiksa oleh Petugas Angkasa Pura. Pemeriksaan Dilakukan Menggunakan Mesin X-Ray Layaknya Seperti di Bandara pada Umumnya.

PLT Airport Security Angkasa Pura, Abu Sofyan Menuturkan, Pemeriksaan Barang Bawaan Jamaah Haji Asal Tabalong Ini Berjalan dengan Lancar, dan Selama Pemeriksaan Pihaknya Hanya Menemukan Sejumlah Barang Berupa Cairan yang Melebihi Batas Aturan Penerbangan Internasional.

“Dari hasil pemeriksaan hari ini dapat kami sampaikan untuk jamaah lebih banyak ke masalah leak, jadi leak itu adalah cairan-cairan yang diatur oleh Keputusan No. 43 Tahun 2007 tentang Pembawaan Cairan di dalam Pesawat Penerbangan Internasional. Hari ini lebih banyak sih kaya cairan sama lotion, hanya itu saja, untuk keperluan pribadi sebenarnya, cuma kapasitasnya melebihi 100 ml maka kami tahan” ujar Abu Sofyan, PLT Airport Security Angkasa Pura.

Baca Juga  Harga Komoditas Hortikultura Di Pasar Tanjung Stabil

Abu Sofyan pun mengingatkan kembali kepada Jamaah Haji yang akan berangkat ke Tanah Suci di Kloter selanjutnya untuk tidak membawa barang yang dilarang sesuai aturan penerbangan. Selain itu, Jamaah juga diminta tidak membawa barang melebihi kapasitas yang diizinkan.

Diketahui, Jamaah Haji Tabalong diberangkatkan dari Bandara Syamsudin Noor pada pukul 22.10 WITA menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 8102. Diperkirakan pesawat yang mengangkut 321 Jamaah Haji, 6 orang pendamping, dan petugas haji ini tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz Madinah pada 31 Mei 2023 pukul 5.30 waktu setempat.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment