Kanwil Kemenkumham Kalsel Uji Kemampuan Petugas Lapas dan Rutan

by tabalong hari ini
0 comment

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi, membuka pelaksanaan uji ketangkasan bagi petugas UPT Pemasyarakatan se-Kalimantan Selatan, pada 17 September 2022, di Lapangan Tembak Wira Satya Utama Kompi 2 Pelopor Tanjung.

Saat diwawancarai, Lilik menjelaskan, perlombaan ini untuk menguji dan mengevaluasi tingkat kualitas dan kemampuan petugas pemasyarakatan dalam penggunaan alat, serta penanganan khusus jika terjadi gangguan keamanan di Lapas dan Rutan.

“ini harus dilatih dan harus disimulasikan untuk itu pelaksanaan ini tentu menguji tadi seberapa tingkat kemampuan teknik dan juga kemampuan managerial hingga dilaksanakan secara beregu dan akhirnya kita nanti akan bisa menemukan solusi dalam bentuk intervensi dalam kurikulum pelatihan simulasi yg diatur lebih lanjut lgi untuk meningkatkan kemampuan temen-temen petugas pengamanan Lapas dan Rutan,” tuturnya.

Kakanwil Kemenkumham Kalsel menuturkan, dalam uji ketangkasan ini, perlengkapan yang digunakan merupakan perlengkapan standar yang digunakan di pemasyarakatan. sehingga dengan kegiatan ini para petugas harus dibiasakan dengan kemampuan penggunaannya, serta harus bisa mismanagement tindakan yang akan dilakukan.

Selain itu Lilik Sujandi menuturkan, dipilihnya Lapas dan Rutan Tanjung sebagai tuan rumah perdana pelaksanaan uji ketangkasan ini, karena dinilai siap, baik dari segi pelaksanaan, dukungan kelengkapan sarana dan prasarana, serta juga dukungan teknis.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment