Pemkab Tabalong Ajak Penyedia Barang Dan Jasa Ikut E-Katalog Lokal

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong hadirkan E-Katalog lokal untuk pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Tabalong. Melalui E-Katalog lokal ini diharapkan menjadi sarana pemasaran secara gratis bagi penyedia barang dan jasa.

Tercatat saat ini terdapat 71 pengusaha atau penyedia lokal yang bergabung dalam E-Katalog lokal di layanan pengadaan secara elektronik atau LPSE Tabalong.

Adapun produk yang ditawarkan para pengusaha lokal tersebut mencapai 715 produk, baik untuk pengadaan alat kantor dan tulis atau ATK, makan minum, peralatan dan perlengkapan rumah tangga, souvenir, bahan bangunan, jasa keamanan, jasa kebersihan, bibit dan lain sebagainya.

Ditemui usai rapat evaluasi program kegiatan Tahun 2022 bersama Komisi 2 DPRD Tabalong, Senin 16 Januari 2023,  Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Tabalong, Subhan mengatakan hadirnya E-Katalog lokal merupakan langkah Pemkab Tabalong dalam memberikan sarana pemasaran secara gratis bagi masyarakat penyedia barang dan jasa.

“Untuk mengakomodasi pengusaha-pengusaha lokal kita, biar pemerintah bisa berpartisipasi untuk mengembangkan mereka juga maka disarankan SKPD-SKPD belanja di E-Katalog lokal. E-Katalog lokal artinya pengusahanya pengusaha lokal meskipun bahan-bahannya juga bukan saja hanya lokal tapi menjualnya orang lokal” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong, Mursalin menilai adanya E-Katalog untuk memfasilitasi pengusaha lokal di Tabalong sudah cukup baik , namun hal tersebut harus dibarengi dengan banyaknya penyedia. Pasalnya, dirinya menemui adanya penyedia barang yang dilakukan hanya oleh satu pengusaha saja, sehingga tidak memberikan pilihan terhadap penyedia lainnya yang tidak masuk dalam aplikasi tersebut.

 “Kami berharap nantinya mudah-mudahan bagaimana caranya kawan-kawan di LPSE itu bisa menarik para rekanan itu supaya mereka mengajukan untuk masuk ke e-katalog itu sendiri, ya supaya lebih banyak” harapnya.

Pemerintah Kabupaten Tabalong sendiri di ketahui telah berupaya mensosialisasikan, dan mengajak masyarakat untuk bergabung dan memanfaatkan e-katalog lokal sebagai penyedia barang dan jasa di Lingkungan Pemkab Tabalong. Terlebih untuk masuk dalam e-katalog lokal tanpa di pungut biaya atau gratis.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment