Home Editor's Picks Layanan MKJP Capai 99%, Tabalong Raih Penghargaan dari BKKBN Pusat

Layanan MKJP Capai 99%, Tabalong Raih Penghargaan dari BKKBN Pusat

by Muhammad Rais
0 comment

Kabupaten Tabalong berhasil menerima penghargaan sebagai juara pertama tingkat Provinsi Kalimantan Selatan atas pelayanan maksimal pada kegiatan serentak Pelayanan Sejuta Akseptor dengan capaian 99 persen.

Penghargaan diterima Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Tabalong Rusmadi, dari Kepala BKKBN Pusat Hastowo Wardoyo, saat peringatan Hari Keluarga Nasional ke-30 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis 29 Juli 2023 di Kabupaten Banjar.

Tabalong berhasil menjadi daerah dengan pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang atau MKJP yang mencapai target 99 persen. Dengan realisasi MKJP sebanyak 480 akseptor, yang terdiri dari metode operasi wanita MOW 4 akseptor, metode operasi pria MOP 2 akseptor, IUD 16 akseptor, dan implan 458 akseptor.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong Rusmadi, saat ditemui Jumat 28 Juli 2023 menjelaskan bahwa keberhasilan ini merupakan bukti tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya pemasangan KB MKJP.

“Kalau untuk MKJP ini, kita selalu terus mempromosikan kepada masyarakat kita di Kabupaten Tabalong agar selalu menggunakan metode MKJP ini. Artinya, kita terus saja untuk menambah para peserta akseptor KB untuk beralih ke MKJP,” ujar Rusmadi.

Rusmadi berharap agar masyarakat yang masih mengonsumsi alat kontrasepsi berupa pil maupun suntik dapat beralih ke MKJP, sehingga pengendalian penduduk di Kabupaten Tabalong dapat teratasi dengan baik.

Baca Juga  Komisi II dan Disbunnak Tabalong Dukung UPPB Desa Nawin Produksi Asap Cair

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment