Home Keagamaan Siap Berlaga di Ajang MTQ Kalsel, Kontingen Tabalong Ikuti Training Center

Siap Berlaga di Ajang MTQ Kalsel, Kontingen Tabalong Ikuti Training Center

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka menyiapkan kafilah terbaik Tabalong untuk berlaga di ajang MTQ Nasional ke-35 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, LPTQ Kabupaten Tabalong menggelar Training Center selama 3 hari, mulai tanggal 8 hingga 10 Maret 2024.

Pembukaan Training Center peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) kontingen Kabupaten Tabalong digelar Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Tabalong pada Jumat, 8 Maret 2024, di Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Training Center ini digelar untuk mempersiapkan putra-putri terbaik Tabalong untuk berlaga di ajang MTQ Nasional ke-35 Provinsi Kalimantan Selatan. Ajang MTQ Nasional ke-35 tingkat provinsi dijadwalkan pada 25 April 2024 di Rantau, Kabupaten Tapin.

Kepala Bagian Kesra Setda Tabalong, Alipansyah, dalam sambutannya mengapresiasi LPTQ Tabalong selaku penyelenggara TC peserta MTQ, lantaran sejalan dengan visi misi menjadikan Kabupaten Tabalong lebih agamis. Menurutnya, Pemkab Tabalong konsen terhadap pembinaan dan perkembangan keagamaan di Bumi Sarabakawa. Oleh karena itu, Pemkab menyediakan dana hibah untuk mendukung MTQ, bukan hanya dana kegiatan.

“Yang mana belum tercover di kegiatan, kita masukkan di hibah. Jadi mudah-mudahan ini bisa, kita coba di perubahan. Dan di 2025 kami ingin utuh semuanya dana hibah, termasuk TC, pengiriman MTQ, dsb, sehingga kita tidak ada kesulitan. Kita tidak bisa bergerak karena ada aturan-aturan kegiatan,” ujar Alipansyah, Kabag Kesra Setda Tabalong.

Baca Juga  Penurunan Angka Kemiskinan dan Pengangguran Jadi Arah Kebijakan 2025

Kepala Kantor Kementerian Agama Tabalong selaku Ketua Satu LPTQ Tabalong, Sahidul Bakhri, dalam sambutannya melaporkan rangkaian TC terlaksana dengan baik, mulai dari penerimaan peserta MTQ sejak pagi hingga siang hari, kemudian ba’da Jumat dilanjutkan pembukaan TC. Ia berharap kedisiplinan ini terus berlanjut selama TC berlangsung, sehingga dapat menjadi pemicu semangat peserta MTQ.

“Mari kita bapak/ibu berkomitmen bahwa training center walaupun hanya kita lakukan 3 hari, mari kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Kita ikuti apa yang menjadi arahan pembina dan pelatih, kemudian jaga kesehatan. Kami yakin dengan waktu sesingkat-singkat ini bisa kita maksimalkan hasil yang ingin kita capai,” kata Sahidul Bakhri, Ketua I LPTQ Tabalong.

Sebanyak 56 peserta disiapkan LPTQ Tabalong untuk MTQ Nasional ke-35 tingkat Provinsi Kalsel, terdiri dari 29 putera dan 27 puteri. Peserta ini berada di bawah binaan 29 pelatih, yakni 20 pelatih lokal atau daerah, dan 9 pelatih dari luar daerah.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment