Home DPRD Tingkatkan Pengelolaan Pasar, Komisi II DPRD Tabalong Minta Tiru Pola Ini…

Tingkatkan Pengelolaan Pasar, Komisi II DPRD Tabalong Minta Tiru Pola Ini…

by Muhammad Rais
0 comment

Guna menggali soal peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan pengelolaan pasar, Komisi II DPRD Tabalong kunjungi Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akhir Agustus lalu.

Kunjungan kerja jajaran Komisi II DPRD Tabalong ke Kota Balikpapan Kalimantan Timur digelar pada 23 hingga 26 Agustus 2023 lalu.

Kunjungan kerja dilakukan guna menggali potensi Pendapatan Asli Daerah dan pengelolaan pasar, khususnya di Pasar Inpres Kota Balikpapan.

Melalui kunjungan kerja ini diketahui, Pasar Inpres memiliki sejumlah mekanisme yang tepat dalam upaya peningkatan PAD. Terlebih, di pasar ini terdapat paguyuban pedagang yang memiliki visi dan misi yang sejajar dengan kebijakan pemerintah setempat dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

Ditemui belum lama tadi, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Mursalin, menilai mekanisme ini dapat dijalankan di Tabalong, khususnya di pasar-pasar besar yang ada di setiap kecamatan.

“Nah, kalau kita melihat di Tabalong, ya, itu tadi, jadi dia masuk melalui distribusi. Ada semacam los-los yang disewakan, itu disewakan melalui paguyuban. Jadi paguyuban semua yang mengatur supaya tidak ada masalah. Misalnya, mereka ditempatkan khusus untuk toko emas di blok A atau toko pakaian segala macam mungkin ada di blok-blok tertentu. Jadi pemasukan dari retribusinya itu jelas untuk penagihannya,” ujar Mursalin, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong.

Baca Juga  Jajaran Pemkab Tabalong Ziarahi Makam Pemimpin Tabalong Terdahulu

Mursalin menambahkan, selain dapat meningkatkan PAD Tabalong, melalui mekanisme ini juga dinilai dapat meminimalisir kemacetan distribusi barang.

Pihaknya juga akan terus mencari celah positif dari setiap kunjungan kerja yang dilaksanakan Komisi II DPRD Tabalong, sehingga dapat memberikan peningkatan ekonomi untuk Kabupaten Tabalong.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment