Home Editor's Picks Tunjangan BPD-Kades & Insentif Ketua RT Tunggu APBDES Perubahan 2023

Tunjangan BPD-Kades & Insentif Ketua RT Tunggu APBDES Perubahan 2023

by tabalong hari ini
0 comment

Rencana kenaikan tunjangan BPD, Pemerintah Desa, dan insentif Ketua RT terus berproses. Diperkirakan kenaikan akan berlaku di APBDES Perubahan 2023, hal ini menyusul telah berjalannya APBDES Induk Tahun 2023.

Rencana kenaikan tunjangan Badan Permusyawaratan Desa, Kepala dan Aparat Desa, serta insentif Ketua RT di Kabupaten Tabalong Tahun 2023 masih berproses.

Dimana saat ini, regulasi berupa peraturan bupati yang mengatur kenaikan tunjangan dan insentif tersebut masih dalam tahap penyusunan.

Selain menyusun regulasi, untuk mendukung kenaikan tunjangan dan insentif tersebut, di tahun 2023 Pemkab Tabalong telah mengalokasikan dana desa sebesar 114 milyar rupiah, atau naik 28 milyar rupiah dibandingkan Tahun 2022.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong, Fahrudin, saat ditemui pada 13 Februari 2023 tadi menjelaskan, meski nantinya peraturan bupati yang mengatur kenaikan tunjangan dan insentif disahkan dan anggaran telah tersedia , namun realisasinya hanya dapat dilakukan setelah APBDES Perubahan Tahun 2023 . Hal ini mengingat program APBDES Induk Tahun 2023 telah berjalan.

“Kita tidak bisa semaunya memasukkan materi terkait dengan keuangan, jadi kita menunggu momentum saat nanti perubahan APBDES. Jadi walaupun nanti peraturan bupati-nya sudah selesai, tapi kita tidak bisa langsung memasukkan ke materi APBDES, kita menunggu perubahan,” terangnya.

Fahrudin berharap, alokasi ADD Tahun 2024 tidak menurun, sehingga alokasi tunjangan dan insentif juga tidak berubah.

Baca Juga  ASN Tabalong Diminta Ambil Peran Aktifkan Koperasi

Sekedar diketahui, Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana menaikkan tunjangan BPD sebanyak 50 %, tunjangan Kepala Desa beserta aparat nya naik 30 %, dan insentif Ketua RT naik 200 ribu rupiah menjadi 500 ribu rupiah .

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment