Jembatan Gantung Kapar Beri Manfaat, Warga : Kada Bejukung Lagi Tulak Nurih

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Inilah jembatan gantung besi di Desa Kapar RT 13, Kecamatan Murung Pudak, yang selesai dibangun Dinas PUPR Tabalong pada bulan Desember 2021. Jembatan sepanjang 100 meter dan lebar 2,8 meter ini, dibangun untuk menghubungkan Desa Kapar dengan Desa Wayau, Kecamatan Tanjung.

Petani karet asal desa kapar RT 13, Suwandi, merasa bersyukur dengan adanya pembangunan jembatan. Pasalnya jembatan ini menghubungkan desanya dengan lahan perkebunan karet warga yang ada di desa wayau, sehingga mempermudah mereka menyadap karet.

 “Sebelumnya itukan bejukung, jadi banyak ai kabun para yang kada taturih, kabun-kabun kaini tagahan kada tabarasihi. Manguliling jauh bangat jalan asrama sana, jadi adanya jembatan ini basyukur bangat.” Kata Suwandi, Petani Karet.

Pembangunan jembatan juga disambut baik warga setempat, Ardan. Ia pun berharap, agar jalan penghubung dari seberang jembatan hingga ke poros utama jalan wayau segera selesai, karena dinilai akan menunjang perekonomian masyarakat dan jalur transportasi anak-anak bersekolah.

 “Harapan kami kedepan jalan itukan dari titik awal sana sampai kesini disambung pak, artinya supaya masyarakat disini bisa tulak manurih, bisa kasubarang dan sebagainya untuk sarana lah.” Kata Ardan, Warga Desa Kapar RT 13.

Terkait hal ini, kepala bidang bina marga Dinas PUPR Tabalong, sunengsi mengatakan, pekerjaan jalan penghubung tersebut akan dilanjutkan tahun 2022 ini, dengan dilakukan perkerasan. Panjang jalan yang akan ditingkatkan kurang lebih 500 meter.

 “Untuk jalan tembusnya dari sisi wayaunya kita mungkin masih ada tertinggal sekitar 500 meteran, nanti mungkin di tahun ini akan kita kerjakan kembali.” Kata Sunengsi, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tabalong.

Jembatan gantung besi penghubung desa kapar dan desa wayau ini, dibangun melalui APBD induk 2021 senilai 6,6 milyar rupiah, kemudian dilanjutkan melalui APBD perubahan 2021 senilai 3,8 milyar rupiah. (Alfi Syahrin).

Related Articles

Leave a Comment