Home Tabalong Hari IniPemerintahan Desa Murung Karangan Persiapkan Lomba Desa Tingkat Provinsi

Desa Murung Karangan Persiapkan Lomba Desa Tingkat Provinsi

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Desa Murung Karangan telah mempersiapkan dengan matang berbagai data yang diperlukan untuk verifikasi lapangan lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023. Dengan persiapan matang tersebut, diharapkan Desa Murung Karangan akan meraih prestasi terbaik.

Harapan tersebut disampaikan Kepala Desa Murung Karangan, Riduan Nor Hadi, sebelum verifikasi lapangan tim penilai lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023, pada Rabu, 21 Juni 2023, di Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong.

Riduan memaparkan bahwa verifikasi lapangan ini dilakukan menyeluruh, tidak hanya data terkait tata kelola pemerintahan desa, namun juga kinerja BPD, kegiatan PKK, inovasi dan kader-kader kesehatan, hingga UP2K atau usaha peningkatan pendapatan keluarga.

“Kami hari ini siap full sudah dengan baik secara data-data dokumen maupun data fisiknya. Harapan kami mudah-mudahan kami Desa Murung Karangan menjadi yang terbaik sesuai yang kami miliki sehingga membawa nama harum Kecamatan Muara Harus dan Kabupaten Tabalong,” ujar Riduan Nor Hadi, Kepala Desa Murung Karangan.

Hal senada diutarakan Camat Muara Harus, Aditya Pula Nugraha. Ia berharap verifikasi lapangan berjalan lancar dan Desa Murung Karangan mampu menjadi yang terbaik di tingkat provinsi. Mengingat desa ini memiliki berbagai potensi keunggulan, salah satunya pelayanan digital atau e-government.

“Desa Murung Karangan ini telah memberlakukan pelayanan secara digital, yang mana untuk pelayanan ini bisa mengakses anjungan desa mandiri yang telah disediakan, maupun melalui handphone. Jadi ada 46 macam urusan yang bisa dilayani melalui aplikasi ini,” kata Aditya Pula Nugraha, Camat Muara Harus.

Baca Juga  Pemkab Tabalong Terima 12 Dokter Internship

Selain layanan masyarakat yang berbasis digital, kinerja BPD juga dipantau secara digital melalui laporan e-kinerja aplikasi SIA-BPD. Desa Murung Karangan juga memiliki keunggulan berupa produk UMKM, seperti olahan jengkol, keripik pisang, telur asin, dan inovasi pil hemat BBM untuk roda dua.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment