Home Editor's Picks RSUD Usman Dundrung Sediakan Vaksin Inavac untuk Masyarakat Umum

RSUD Usman Dundrung Sediakan Vaksin Inavac untuk Masyarakat Umum

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan dosis vaksin kembali tersedia di Kabupaten Tabalong. Vaksin yang tersedia kali ini adalah jenis Inavac untuk masyarakat umum dan jenis Pfizer untuk calon jamaah haji.

Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali membuka gerai vaksinasi di Covid Center atau RSUD Usman Dundrung Tanjung pada Senin, 17 April 2023.

Vaksin yang tersedia adalah jenis Inavac sebanyak 30 vial atau 150 dosis, dan jenis Pfizer sebanyak 5 vial atau 30 dosis.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Tabalong, Budi Gunawan, mengatakan bahwa karena terbatasnya ketersediaan vaksin jenis Pfizer, vaksin ini terbatas hanya untuk calon jamaah haji yang belum memperoleh vaksin booster sebagai syarat keberangkatan haji. Hal ini mengingat vaksin Pfizer cocok sebagai vaksin booster untuk jenis vaksin apapun pada dosis satu dan dosis dua sebelumnya.

Sedangkan untuk vaksin jenis Inavac, hanya dapat digunakan sebagai booster vaksin Sinovac yang sebelumnya disuntikkan pada dosis satu dan dosis dua.

Selain itu, vaksin Inavac juga dapat menjadi vaksin primer untuk dosis satu hingga dosis dua.

“Ini tadi kami juga baru dapat info dari provinsi ternyata Inavac ini bisa untuk dosis satu, pertama kali vaksin bisa Inavac ini. (Untuk dosis 2?) Inavac dosis 2 kecuali Inavac sebelumnya, jadi kalonya untuk setelah sebulan Inavac dosis satu, baru Inavac yang bisa. Tapi kalau menggunakan vaksin lain, itu tidak bisa,” ujar Budi Gunawan, Kasi Surveilans & Imunisasi Dinkes Tabalong.

Baca Juga  Praktek Bidan Mandiri Aqilla Muara Uya Wakili Kalsel dalam Ajang Role Model TPMB Nasional

Gerai vaksinasi yang dibuka di COVID Center berlangsung selama dua hari, dari tanggal 17 sampai dengan 18 April 2023. Pada hari pertama, sebanyak 102 masyarakat umum disuntik vaksin jenis Inavac, dan 9 jamaah haji disuntik vaksin jenis Pfizer.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment