Home Tabalong Hari Ini FAD Tabalong Ajak Anak-Anak Lestari Permainan Tradisional

FAD Tabalong Ajak Anak-Anak Lestari Permainan Tradisional

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka memperkenalkan permainan tradisional ke tengah masyarakat, FAD Tabalong menjalankan Program Kerja PERNUSA, atau Permainan Nusantara. Kegiatan tersebut disambut baik oleh sejumlah warga, lantaran dinilai membantu tumbuh kembang anak.

Forum Anak Daerah Tabalong menjalankan Program Kerja PERNUSA, atau Permainan Nusantara, pada Minggu, 4 Februari 2024, di Pembataan, Kecamatan Murung Pudak. Melalui kegiatan ini, FAD Tabalong mengajak anak-anak yang menghabiskan waktu Minggu paginya di halaman pendopo bersinar untuk bermain permainan tradisional.

Ketua Pelaksana PERNUSA, Fauzi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kerja tahunan dari Divisi Sosial Budaya FAD Tabalong dengan harapan anak-anak lebih mengenal permainan tradisional zaman dulu.

“Jadi harapan kami anak-anak bisa mengenal permainan tradisional yang hampir punah, serta mengurangi menggunakan gadget untuk bermain, mengganti dengan permainan tradisional.” ujar Fauzi, Ketua Pelaksana PERNUSA.

Sementara itu, Rusmini, orang tua yang datang bersama tiga orang anaknya, menyambut baik kegiatan PERNUSA. Ia menilai anak-anak menjadi lebih aktif dengan bermain permainan tradisional, sehingga membantu tumbuh kembang anak.

“Tumbuh kembang anak jadi bagus, jadi kalo bermain kayak gini lupa sama hp. Terus ini adalah permainan tradisional zaman dulu, jadi kalo main seperti inikan mengulang.” ujar Rusmini, Orang Tua Anak.

FAD Tabalong menyediakan beragam permainan tradisional dalam kegiatan PERNUSA, mulai dari lompat tali, enggrang, bakiak, damprak, ular tangga raksasa, dan hula-hoop. Selain itu, FAD juga menyiapkan sarapan sehat berupa rebus-rebusan ubi dan kacang.

Baca Juga  Warga Padang Lumbu Antusias Mencoblos, Tingkat Partisipasi Capai 80%

Kegiatan PERNUSA yang digelar oleh FAD Tabalong ini turut mendapat dukungan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment