Bawaslu Tabalong Sosialisasikan Rekruitmen Panwascam

by tabalong hari ini
0 comment

Badan Pengawas Pemilihan Umum, Bawaslu Kabupaten Tabalong mengumumkan jadwal pembentukan panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) untuk menyambut pemilu 2024. Pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota panwascam akan dibuka dari 21 sampai 27 September 2022.

Berdasarkan surat Ketua Bawaslu RI Nomer 314 Tahun 2022, pembentukan pengawas pemilu tingkat kecamatan, dapat diikuti seluruh lapisan masyarakat dengan beberapa syarat. Seperti warga negara indonesia dengan berdomisili di Tabalong, berusia minimal 25 tahun, setia kepada pancasila sebagai dasar negara, bukan anggota parpol atau mengundurkan diri dari keanggotaan sekurang-kurangnya 5 tahun sejak mendaftar, bukan anggota kampanye, dan ketentuan umum lainnya yang dapat diakses melalui website Bawaslu Tabalong, atau datang langsung ke kantor Bawaslu Tabalong jalan Stadion Nomor 28, Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak.

Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan menuturkan, pihaknya menargetkan 100 pendaftar lebih dalam rekrutmen panwascam. Untuk mencapai target tersebut dilakukan sosialisasi melalui berbagai media sosial mulai dari Facebook hingga Instagram resmi Bawaslu Tabalong. Dalam waktu dekat Bawaslu Tabalong juga akan memasang spanduk informasi pendaftaran di masing-masing kecamatan.

‚ÄĚSecara umum bagi masyarakat yang ingin terlibat dengan bawaslu itu pertama menyiapkan diri fisik mental dan beberapa persyaratan yang harus sampean penuhi juga nanti, bagi masyarakat yang berminat, harapan kami memang menghadapi pemilu 2024 ini memang minimal di atas 100 nanti pendaftar dimana dari 100 ini kita pilih 3 orang nanti di setiap kecamatan” terangnya.

Hirsan menambahkan, dari kecamatan tim pengawasan akan dibentuk berjenjang ke bawah sampai dengan tingkat desa dan pengawas TPS. Dengan adanya informasi rekrutmen panwascam tersebut ia berharap masyarakat antusias untuk mengikutinya, sehingga dapat menciptakan pemilu yang bersih, aman dan lancar.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment