Home Tabalong Hari Ini Petani Banua Lawas Sukses Kembangkan Bawang Merah

Petani Banua Lawas Sukses Kembangkan Bawang Merah

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) melakukan panen bawang merah di Desa Sungai Anyar, Kecamatan Banua Lawas, pada Selasa, 26 September 2023.

Panen bawang merah dilakukan oleh jajaran DKPPTPH Tabalong, Camat Banua Lawas, Camat Pugaan, unsur Forkopimca, dan masyarakat Sungai Anyar.

Panen bawang merah varietas Maserati dan Sanren dilakukan di lahan seluas 5 ribu meter persegi milik Kelompok Tani Tunas Baru.

Anggota Kelompok Tani Tunas Baru, Roni Rifani, menjelaskan bahwa sebelumnya bawang merah yang dipanen ini ditanam dengan dua cara, yaitu melalui penyemaian bibit dan penanaman umbi.

“Kalau dari biji tiga bulan bisa panen. ( untuk satu tahun berapa kali panen pak ? ) untuk disini bisa sampai tiga kali, ya istilahnya lanjut terus tanam. ( kalau musim kemarau gimana pak ? ) aman.” ujar Roni Rifani, Anggota Kelompok Tani Tunas Baru.

Sementara itu, Camat Banua Lawas, Fariduddin, berharap komoditas bawang merah dapat terus dikembangkan di wilayah selatan Kabupaten Tabalong. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal, diharapkan bawang dari Banua Lawas dapat dipasok ke daerah lain.

“Dengan adanya panen ini, bisa dikembangkan khususnya di wilayah selatan ini karena ketersediaan bibit bawang ini memang saat ini hanya terfokus pada wilayah utara. Kita berharap dengan adanya penyediaan bibit yang ada di wilayah selatan ini, yang memang varietas lain yang agak besar sedikit lebih bagus dari pada yang biasanya kita dapat dari umbi,” kata Fariduddin.

Baca Juga  Mulai Rp. 65.000, Bukber All You Can Eat di Hotel Aston Tanjung Tawarkan Hidangan Nusantara

Fariduddin menambahkan bahwa dengan keberhasilan panen bawang merah ini, para petani lain di Kecamatan Banua Lawas diharapkan ikut mengembangkan budidaya bawang merah.

Selain panen, dalam kegiatan ini juga dilakukan penanaman bawang merah dengan metode tanam biji.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: RulyandiTop of Form

Related Articles

Leave a Comment