Home Tabalong Hari Ini Penanganan Banjir Desa Kaong Jadi Prioritas Usulan Musrenbang Upau

Penanganan Banjir Desa Kaong Jadi Prioritas Usulan Musrenbang Upau

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2025 tingkat Kecamatan Upau pada Kamis, 1 Februari 2024. Dalam Musrenbang ini, seratus lebih usulan pembangunan dihimpun yang didominasi usulan infrastruktur.

Sebanyak 107 usulan yang merupakan hasil Musrenbang enam desa disampaikan Camat Upau, Agustian, dalam Musrenbang RKPD Tabalong tahun 2025 tingkat Kecamatan Upau.

Dari seluruh usulan tersebut, sebanyak 47 usulan atau 43,93 persen untuk bidang infrastruktur, 30 usulan atau 28,04 persen bidang ekonomi, dan 30 usulan atau 28,04 persen bidang pelayanan publik.

Camat Upau, Agustian, mengatakan dari seratus lebih usulan tersebut, terdapat 10 usulan prioritas, seperti pembangunan jalan Kaong-Liyu, pembangunan pusat kegiatan budaya, penanganan banjir di Desa Kaong, pembenahan destinasi wisata Riam Kinarum, pengaspalan jalan poros Desa Masingai Satu ke Desa Kinarum, pengaspalan jalan Ulau-Kilat (Tampurejo), penambahan 1 dokter umum di Puskes Upau, pelatihan alat berat, rehab total pasar Upau, serta pembuatan parit di sepanjang jalan masuk Kecamatan Upau.

“Yaitu jalan Kaong Liyu ini kenapa kami pandang penting karena jalan Kaong Liyu ini selain perbatasan dengan Kabupaten Balangan, juga adalah jalan yang sekarang arus lalulintasnya sudah sangat tinggi apalagi sudah beberapa perusahaan beroperasi dan juga kita menginginkan pusat perekonomian itu bisa berada di Kecamatan Upau, karena dari Desa Tetangga itu ke ibukota kecamatannya di Halong lebih dekat kalau jalan ini bagus lebih dekat ke Kecamatan Upau.” ujar Agustian, Camat Upau.

Baca Juga  Bazar UMKM dan Pagelaran Seni Desa Bersinar Isi Hati 2023 di Tabalong

Pelaksana Harian Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Inovasi Pembangunan (BAPPEDALITBANG) Kabupaten Tabalong, Sujadi, menuturkan nantinya usulan tersebut akan kembali dibahas untuk menyesuaikan kegiatan yang menjadi prioritas dan sejalan dengan arah kebijakan RKPD 2025.

“Tujuannya untuk membahas dan menyepakati usulan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kec. Upau.” ujar Sujadi, Plh. BAPPEDALITBANG Kab. Tabalong.

Diketahui, Musrenbang RKPD Tabalong tahun 2025 tingkat Kecamatan Upau dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, sejumlah Kepala OPD, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Upau, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Upau.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment