Home Tabalong Hari Ini Pembuatan Kartu Kuning Dipastikan Meningkat Pasca Kelulusan SLTA

Pembuatan Kartu Kuning Dipastikan Meningkat Pasca Kelulusan SLTA

by Muhammad Rais
0 comment

Permohonan pembuatan Kartu Kuning atau AK-1 melalui Dinas Tenaga Kerja Tabalong hingga triwulan pertama 2024 mencapai 342 orang. Permohonan kartu ini pun diprediksi akan meningkat pada bulan Mei mendatang.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Tabalong hingga bulan Maret 2024, tercatat 342 orang pencari kerja yang mengajukan permohonan pembuatan Kartu Kuning atau AK1. Sebanyak 135 pencari kerja di bulan Januari, 118 pencari kerja di bulan Februari, dan 136 pencari kerja di bulan Maret.

Adapun pencari kerja yang terdaftar mayoritas diisi oleh laki-laki sebanyak 285 orang dan perempuan 57 orang.

Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Disnaker Tabalong, Fahmi Saputra, menjelaskan bahwa berdasarkan tren tahun sebelumnya, permohonan pembuatan Kartu Kuning akan meningkat pada bulan Mei seiring dengan masuknya masa kelulusan pelajar SLTA.

“Kalau tren meningkatnya orang membuat kartu kuning itu biasanya pada bulan mei seiring dengan karena anak sekolah yang sudah tamat, menamatkan sekolahnya atau yang kuliah sudah tamat kuliah itu biasanya kalau ingin mencari pekerjaan wajib membuat kartu kuning,” ujar Fahmi Saputra, Kabid Pelatihan Kerja dan Produktivitas Disnaker Tabalong.

Fahmi menambahkan dari 342 pencari kerja di Tabalong, sebanyak 108 di antaranya telah diterima bekerja.

Selain itu, ia juga mengimbau perusahaan yang beroperasi di Tabalong untuk melaporkan lowongan kerja yang tersedia serta melaporkan para pekerja yang telah diterima kerja.

Baca Juga  Ibadah Jumat Agung di GPDI Murung Pudak Bawa Pesan Kedamaian

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment