TP. PKK Tabalong Gelar Bimtek Dasawisma

by tabalong hari ini
0 comment

Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong, menggelar bimbingan teknis Dasawisma, pada Rabu 14 September 2022, di Pendopo Bersinar Pembataan. Kegiatan Bimtek ini dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong, Syarifah Syifa. Bimtek dihadiri para wakil ketua dan anggota tim penggerak PKK Tabalong, ketua tim penggerak PKK kecamatan se Kabupaten Tabalong, serta para peserta bimtek Dasawisma PKK.

Bimtek ini merupakan kegiatan pembinaan kepada kader dan kelompok dasawisma, untuk menambah pengetahuan ilmu, dalam meningkatkan kemampuan dan kecerdasan. Sehingga peserta lebih memahami tugas dan fungsi dalam pengelolaan kelompok dasawisma.

Kelompok dasawisma merupakan salah satu kelompok dalam gerakan PKK, yang bertugas sebagai perpanjangan tangan PKK, dalam mendukung dan membantu kelancaran kegiatan program PKK, dalam penerapan 10 program pokok PKK di masyarakat. Anggota dasawisma beranggotakan 10 sampai 20 rumah atau kepala rumah tangga, yang dipilih karena dinilai potensial, terdepan dan terdekat di masyarakat.

Pada bimtek ini, tim penggerak PKK Tabalong memberikan pemahaman dasar mengenai tugas dan fungsi dasawisma melalui pertanyaan yang diajukan kepada para peserta. Selain itu bimtek diisi 5 orang narasumber yang berasal dari bagian sekretariat PKK, pokja 1 sampai pokja 4.

Dengan adanya bimtek ini, ketua tim penggerak PKK Tabalong berharap, kader dasawisma dapat lebih memahami tugas dan fungsinya yakni seperti melengkapi kepengurusan, administrasi, membuat papan nama, dan 10 program pokok PKK. Serta melakukan pendataan yang akurat dan dapat melakukan pembinaan kepada warga untuk mempererat persatuan dan saling peduli.

Selain itu untuk memaksimalkan peran kader dasawisma yang potensial dan strategis, Syarifah Syifa meminta agar tim penggerak PKK kecamatan dan desa, dapat melakukan pembinaan secara maksimal dan berkelanjutan.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment