Home Tabalong Hari Ini Jalur Lintasan Baru Uji Praktik SIM C di Polres Tabalong

Jalur Lintasan Baru Uji Praktik SIM C di Polres Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Sejak beberapa pekan lalu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tabalong telah melakukan perubahan jalur lintasan untuk uji praktik pembuatan SIM untuk sepeda motor atau SIM C. Perubahan dilakukan agar dapat memudahkan pemohon untuk lulus dalam ujian praktik SIM C.

Berikut skema lintasan baru untuk praktik uji pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi sepeda motor atau SIM C di Polres Tabalong.

Terlihat skema lintasan berubah signifikan dibandingkan jalur lintasan sebelumnya. Dalam lintasan sebelumnya membentuk angka 8, kini dirubah menjadi letter S, sedangkan lintasan zig-zag diganti menjadi letter U.

Kasatlantas Polres Tabalong, AKP Andi Tri Hidayat, melalui Baur SIM Aipda Hendriansyah, menyatakan bahwa perubahan skema lintasan uji praktik pembuatan SIM C ini telah berlaku sejak 7 Agustus 2023 lalu sesuai dengan arahan dari Korlantas Polri.

Perubahan ini bertujuan untuk memudahkan pemohon lulus ujian praktik SIM C, namun tetap melakukan prosedur yang sesuai dengan tahapan yang ada.

Aipda Hendriansyah menambahkan bahwa dengan adanya skema lintasan baru uji praktik SIM C ini, maka tingkat kelulusan mengalami peningkatan signifikan dibandingkan sebelumnya.

“Untuk persentase kelulusannya cukup signifikan, biasanya sekitar 70 persen bagi orang yang memang terampil.” ujar Aipda Hendriansyah, Baur SIM Polres Tabalong

Aipda Hendriansyah menuturkan, meskipun banyak pemohon yang lulus uji praktik, namun ada pula sejumlah pemohon yang gagal.

You Might Be Interested In
Baca Juga  Jelang Ibadah Natal, Sejumlah Gereja Disterilisasi

Kegagalan biasanya dialami peserta ketika pengereman reaksi pada kecepatan minimal 30 kilometer di start awal, dan juga terganggunya konsentrasi para pemohon ketika berkendara sehingga melewati batas jalur.

Dalam uji praktik SIM C, pemohon biasanya diberi 2 kali percobaan. Apabila tetap gagal, maka pemohon dapat mengulang lagi setelah tujuh hari berikutnya.

Selain itu, dalam uji praktik SIM C, kendaraan roda dua yang digunakan telah disediakan oleh Satlantas Polres Tabalong, yaitu ada matic dan manual.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment