Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan Desa Uwie Dicanangkan Sebagai Kampung Benih Cabai Tiung Tanjung

Desa Uwie Dicanangkan Sebagai Kampung Benih Cabai Tiung Tanjung

by tabalong hari ini
0 comment

Desa Uwie, Kecamatan Muara Uya, dicanangkan sebagai Kampung Benih Cabai Tiung Tanjung. Pencanangan tersebut diharapkan meningkatkan sumber penghasilan masyarakat Desa Uwie, bahkan Kabupaten Tabalong.

Pencanangan Desa Uwie, Kecamatan Muara Uya, sebagai Kampung Benih Cabai Tiung Tanjung ditandai dengan gerakan tanam cabai bersama oleh pihak Pemkab Tabalong, Pemprov Kalsel, Kementerian Pertanian, serta pihak swasta dan stakeholder terkait pada Senin, 5 Juni 2023.

Kemudian dilanjutkan penyerahan S-K dari perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia ke Bupati Tabalong, yang menyatakan bahwa tanaman hortikultura cabai rawit Tiung Tanjung sudah terdaftar dan nama cabai Tiung kini resmi milik Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya menilai cabai Tiung Tanjung akan menjadi sumber penghasilan besar bagi masyarakat Desa Uwie, bahkan Kabupaten Tabalong. Pasalnya, Tiung Tanjung merupakan salah satu varietas cabai yang digemari dengan tingkat kepedasan yang tinggi. Bahkan nilai jual cabai Tiung Tanjung sendiri tergolong tinggi, berkisar antara 55 ribu hingga 100 ribu rupiah per kilogram.

Oleh karena itu, Bupati Anang meminta dukungan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia agar terjalin kerjasama dengan perusahaan pembuat sambal yang ada di Indonesia. Ia juga meyakini Tiung Tanjung akan menjadi cabai pilihan di Indonesia.

“Ketika hari ini kita canangkan sebagai kampung benih, maka mulai besok orang akan mengenal Desa Uwie sebagai kampung benih. Dan mulai saat itulah orang akan datang untuk mencari benih Tiung Tanjung.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Peringatan Hari Guru Nasional Di SMAN 1 Tanjung

Pencanangan Desa Uwie sebagai Kampung Benih Cabai Tanjung turut didukung dengan pemberian 5 ribu bibit cabai Tiung Tanjung dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tabalong. Suplai ribuan bibit cabai ini sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Tabalong, penyangga ibu kota Nusantara.

Selain gerakan tanam bersama dan pencanangan Kampung Benih Cabai Tiung Tanjung, pada momen yang sama digelar acara sedekah bumi. Bupati Anang mengatakan bahwa ketiga acara ini merupakan satu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan. Ia pun mengapresiasi pihak Pemerintah Desa Uwie, Pemerintah Kecamatan Muara Uya, dan Muspika atas terselenggaranya rangkaian acara sebesar ini.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment