Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan Kementan Harap Cabai Tiung Tanjung Mampu Tingkatkan Suplai Cabai Rawit di Kalsel

Kementan Harap Cabai Tiung Tanjung Mampu Tingkatkan Suplai Cabai Rawit di Kalsel

by tabalong hari ini
0 comment

Kementerian Pertanian Republik Indonesia menyambut baik pendaftaran cabai Tiung Tanjung sebagai varietas hortikultura yang baru dalam rangka menyediakan benih bermutu varietas unggul. Hadirnya cabai Tiung diharapkan dapat meningkatkan suplai dan ketersediaan cabai rawit di Kalimantan Selatan yang selama ini masih bergantung dari pulau lain.

Harapan tersebut disampaikan pejabat fungsional pengawas benih tanaman, Direktorat Perbenihan Hortikultura, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Noviantika, dalam sambutannya saat pencanangan kampung benih cabai Tiung Tanjung pada Senin, 5 Juni 2023, di Desa Uwie, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong.

Noviantika menilai Kabupaten Tabalong secara tradisi memiliki potensi menjadi sentra cabai rawit karena memiliki sumber daya genetik cabai rawit unggul yang sangat potensial dikembangkan. Dengan mengembangkan cabai rawit lokal unggul seperti varietas Tiung Tanjung, maka berpotensi pula untuk meningkatkan suplai dan ketersediaan cabai rawit di Kalimantan Selatan. Mengingat kebutuhan cabai rawit di Kalsel sendiri masih bergantung pada pasokan dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

“Semakin banyak varietas baru yang didaftarkan, harapannya terjadi peningkatan keragaman varietas dalam rangka menyediakan benih bermutu varietas unggul untuk mendukung peningkatan produksi hortikultura,” ujar Noviantika, Pejabat Fungsional PBT Direktorat Perbenihan Hortikultura.

Noviantika menambahkan, untuk menjamin ketersediaan benih cabai rawit varietas Tiung Tanjung yang bermutu serta berkesinambungan, diperlukan upaya perbanyakan pembibitan yang berawal dari memelihara indukan yang stabil dan murni. Kemudian perlu diperkuat dalam hal pendampingan, penanganan hasil, dan pemasaran agar meningkatkan daya saing di pasar internasional.

Baca Juga  Melalui FASI, Bupati Anang Ingin Jadikan Anak Tabalong Generasi Qur’ani

Pada momen ini, Noviantika menyerahkan SK dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia ke Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, yang menyatakan bahwa tanaman hortikultura cabai rawit Tiung Tanjung sudah terdaftar sebagai hak milik Kabupaten Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment