Home Ramadan Remaja Masjid Nurul Hidayah Agung Juarai Lomba Talintingan

Remaja Masjid Nurul Hidayah Agung Juarai Lomba Talintingan

by Muhammad Rais
0 comment

Lomba Talintingan atau Bagarakan Sahur kembali digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Lomba bagarakan sahur ini diikuti oleh 25 tim dari berbagai kalangan.

Lomba Talintingan atau Bagarakan Sahur digelar di depan Gedung Sarabakawa Tanjung pada Selasa malam, 19 Maret 2024. Lomba bagarakan sahur ini perdana digelar usai 3 tahun terhenti pasca pandemi COVID-19.

Kegiatan ini diikuti oleh 25 tim, baik yang berasal dari remaja masjid, sanggar seni, komunitas seni budaya, pelajar atau pramuka, serta masyarakat umum se-Kabupaten Tabalong.

Para peserta melakukan pawai dari depan Gedung Sarabakawa menuju arah perempatan Sulingan, kemudian kembali menuju Jalan Pangeran Antasari dan finish di Gedung Sarabakawa.

Usai pawai, masing-masing peserta menampilkan atraksinya di hadapan dewan juri dengan waktu maksimal 2 menit.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabalong, Tonie Marwan, mengatakan kegiatan lomba talintingan bertujuan untuk melestarikan kearifan lokal, yaitu bagarakan sahur yang pernah hidup dan tumbuh di bumi Sarabakawa.

“Peserta terdiri dari 25 grup sebagai berikut, yang pertama grup yang terdiri dari remaja masjid se kabupaten tabalong, kedua dari sanggar seni, yang ketiga dari komunitas seni budaya yang ke empat dari pelajar atau pramuka, dan kelima dari masyarakat umum. Tujuan dari kegiatan talintingan malam ini untuk melestarikan kearifan lokal bagarakan sahur yang pernah hidup dan tumbuh dibumi sarabakawa” ujar Tonie Marwan, Kepala Disdikbud Tabalong.

Baca Juga  Menggiurkan, Petani Kambitin Raup Untung 14 Juta dari Melon

Dari hasil penilaian dewan juri, Remaja Masjid Nurul Hidayah Bantangis berhasil meraih juara pertama, kemudian Remaja Masjid Al Muhajirin Mabuun juara kedua, dan Tahniah Tanjung Selatan juara ketiga. Selain itu, Grup Reladan Harapan Pertama, Komunitas Palogoan Pasanggrahan Umaiyyah Harapan Kedua, dan Remaja Al-Sans Harapan Ketiga.

Para juara mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah untuk juara 1, 4 juta rupiah untuk juara 2, 3 juta rupiah untuk juara 3, 2,5 juta rupiah untuk Harapan 1, 2 juta rupiah untuk Harapan 2, dan 1,5 juta rupiah untuk Harapan 3.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment