Home Tabalong Hari Ini Penyuluh KB Tekan Stunting Melalui Program DASHAT

Penyuluh KB Tekan Stunting Melalui Program DASHAT

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya para penyuluh KB dalam menekan angka stunting di Kecamatan Bintang Ara, penyuluh KB Kecamatan Bintang Ara menggelar kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Kegiatan ini dilakukan dengan harapan agar masyarakat dapat mengenal dan memahami berbagai jenis makanan sehat dan bergizi yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil hingga balita.

Para penyuluh KB Kecamatan Bintang Ara bekerjasama dengan Pemerintah Desa Burum dalam menyelenggarakan kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) yang dilaksanakan pada Selasa, 24 Oktober 2023, di aula kantor Desa Burum, Kecamatan Bintang Ara.

Program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari pemaparan terkait stunting hingga pelatihan pembuatan makanan bagi ibu hamil dan balita dengan memanfaatkan bahan lokal di sekitar yang memiliki kualitas dan kandungan gizi yang mencukupi.

Koordinator penyuluh KB Kecamatan Bintang Ara, Mirza Indah, menjelaskan bahwa para peserta yang hadir tidak hanya mendapatkan materi terkait program DASHAT saja, tetapi juga akan mendapatkan pendampingan oleh para kader selama 30 hari untuk membiasakan mengolah dan mengonsumsi makanan dengan nilai gizi tinggi.

Dalam kesempatan ini, Mirza mengajak seluruh pihak terkait, baik pemerintah kecamatan, pemerintah desa, PKK, BPP, dan sejumlah pihak lainnya, untuk dapat bersinergi dalam mencegah dan menekan angka stunting di wilayah Kecamatan Bintang Ara.

Baca Juga  KONI Tabalong Berikan Pembekalan Kesehatan Kepada Puluhan Atlet

“Jadi harapannya untuk mengatasi stunting ini mari kita bersama-sama lintas sektor untuk bersama-sama bergandeng tangan untuk mengatasi stunting itu sendiri, sehingga angka stunting masyarakat ini bisa terkurangi,” kata Mirza Indah, Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Bintang Ara.

Mirza juga berharap bahwa ke depannya tidak hanya Desa Burum yang mendapatkan pelatihan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT), tetapi juga seluruh desa lainnya yang ada di Kecamatan Bintang Ara, sehingga penekanan angka stunting di Kecamatan Bintang Ara dapat benar-benar maksimal.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment