RKPD Tabalong 2024 Didorong Prioritaskan Agrowisata

by tabalong hari ini
0 comment

Pada kegiatan pembukaan forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah Kabupaten Tabalong Tahun 2024. Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengharapkan, agar perencanaan daerah memprioritaskan pembangunan agro wisata dan tidak bergantung pada sektor pertambangan.

Pemerintah Kabupaten Tabalong mendorong pembangunan sektor agrowisata diprioritaskan dalam rencana kerja pemerintah daerah Tahun 2024. Pasalnya kondisi geografis Tabalong dinilai berpeluang untuk pengembangan agrowisata.

Hal itu disampaikan Bupati Tabalong, Haji Anang Syakhfiani saat membuka forum konsultasi publik rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Tabalong Tahun 2024, pada Selasa 24 Januari 2023.

Anang meminta seluruh pihak untuk mempertimbangkan prioritas pembangunan sektor agrowisata pada RKPD 2024 Tabalong, agar kedepan tidak bergantung pada sektor pertambangan.

Pasalnya sektor agrowisata dinilai mempunyai peluang besar untuk dikembangkan di Tabalong, mengingat lokasi strategis Tabalong yang berada di segitiga emas lintasan 3 provinsi Kalsel – Kalteng – Kaltim dan berdekatan langsung dengan ibukota negara baru di Penajam Paser Utara.

“Saya berharap agar momentum forum konsultasi publik ya yang dilanjutkan dengan kegiatan Musrenbang besok, kita harus memantapkan Tabalong hidup tanpa sektor tambang. Dan Alhamdulillah ini kan berkah Allah SWT tiba-tiba ibu kota negara pindah ke Penajam Paser Utara, dampak positifnya ke kita itu luar biasa. Nah karenanya saya minta perhatian publik untuk mempertimbangkan memasukan salah satu prioritas daerah yaitu agrowisata.” tuturnya.

Selain itu , Anang juga mendorong agar dalam penyusunan RKPD dilakukan sebaik mungkin sehingga melahirkan perencanaan pembangunan yang berkualitas, mengingat forum konsultasi publik ini merupakan langkah awal untuk memulai  proses Musrenbang yang akan dilaksanakan di tingkat kecamatan , yang akan dimulai   pada 25 Januari hingga 9 Februari 2023 mendatang.

Pada kegiatan forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan RKPD Tabalong Tahun 2024 ini diikuti 90 lebih peserta , yang terdiri dari  perwakilan SKPD , pimpinan dan anggota DPRD Tabalong, perusahaan, perguruan tinggi, Organisasi kemasyarakatan , unsur media , dan unsur lainnya .

Maria Ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment