Home Editor's Picks Potensi Murung Pudak Mampu Dorong Peningkatan IPM & Agrowisata

Potensi Murung Pudak Mampu Dorong Peningkatan IPM & Agrowisata

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong akan terus berupaya tingkatkan indeks pembangunan manusia dan pengembangan sektor agrowisata di wilayah Kecamatan Murung Pudak. Pasalnya berbagai potensi yang ada di wilayah ini dinilai berpengaruh terhadap kedua upaya tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Bappedalitbang Tabalong, M. Noor Rifani saat pembukaan Musrenbang RKPD 2024 tingkat Kecamatan Murung Pudak Kamis 9 Februari 2023 tadi.

Rifani menilai, Kecamatan Murung Pudak akan berperan penting mendorong peningkatan indeks pembangunan manusia dan pengembangan agrowisata di Tabalong.

Hal ini didukung dengan berbagai sektor unggulan yang ada di Murung Pudak, baik dari sektor pendidikan karena keberadaan sejumlah perguruan tinggi, sektor budidaya pertanian dan perkebunan, kawasan perdagangan, perkantoran, jasa dan industri, hingga objek wisata.

Melihat banyak nya potensi tersebut, Rifani mendorong agar sejumlah potensi ini terus dikembangkan, terlebih pengembangan agrowisata dan peningkatan IPM menjadi tema pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2024.

“Ini merupakan potensi yang terus akan kita bina, akan kita kembangkan karena sekarang ini apalagi dengan adanya IKN wisata ini sesuai tema pak bupati menginginkan agrowisata untuk Tahun 2024 dan peningkatan IPM ini sangat pas sekali untuk Kecamatan Murung Pudak,” tuturnya.

Sementara itu, untuk merealisasikan pengembangan tersebut, Wakil Bupati Tabalong, Mawardi  meminta seluruh perangkat desa di wilayah Kecamatan Murung Pudak untuk bersama-sama mengembangkan potensi agrowisata dan juga meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

Baca Juga  Jelang HUT RI ke-79, Kesbangpol Seleksi Ratusan Calon Paskibra

Mengingat Kabupaten Tabalong sebagai calon penyangga Ibukota Negara baru, dan wilayah Murung Pudak merupakan wilayah perkotaan yang menjadi perlintasan antar provinsi.

“Khusus nya Murung Pudak tentunya memiliki banyak pekerjaan rumah untuk mempersiapkan segala hal, termasuk komoditas pangan hasil hortikultura yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan daerahnya. Apalagi jika ibukota benar-benar pindah tahun 2024 nantinya, tentunya kita sebagai penyangga Ibukota harus memiliki ketahanan pangan yang kuat untuk menopang IKN tersebut, persiapan tersebut harus kita lakukan sedini mungkin,” tutur Wakil Bupati Tabalong, Mawardi.

Dalam forum ini, Mawardi berharap agar usulan bagi perencanaan pembangunan di daerah Kecamatan Murung Pudak ini dapat diakomodir, dalam rangka persiapan sebagai penyangga IKN. Sehingga pembangunan nantinya dapat tercipta secara komprehensif dan berkesinambungan untuk mewujudkan Visi Kabupaten Tabalong.

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment