Home Editor's Picks Inovasi Jempol Ibu Berjalan Sebulan, Lebih Dari 200 UMKM Telah Terbitkan NIB

Inovasi Jempol Ibu Berjalan Sebulan, Lebih Dari 200 UMKM Telah Terbitkan NIB

by tabalong hari ini
0 comment

Inovasi Jempol Ibu, atau jemput bola pelayanan perizinan berusaha yang di launching DPMPTSP Tabalong , pada akhir 2022 lalu sukses dilaksanakan. Suksesnya inovasi ini terlihat dari tingginya minat masyarakat untuk memiliki nomor induk berusaha atau NIB.

Sejak di Launching pada akhir Oktober 2022 lalu , dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Tabalong menilai Inovasi Jempol Ibu atau jemput bola pelayanan perizinan berusaha sukses dilaksanakan.

Terbukti berdasarkan data DPMPTSP Tabalong pada bulan Desember 2022, pelayanan melalui inovasi jempol ibu yang di gelar di 3 kecamatan yakni Kecamatan Jaro, Murung Pudak dan Pugaan, berhasil menerbitkan lebih dari 200 nomor induk berusaha atau NIB untuk UMKM.

Saat dikonfirmasi pada 4 Januari 2023 di ruang kerjanya, Kepala DPMPTSP Tabalong, Suryanadie, mengatakan, tingginya antusias pelaku UMKM yang terbantu layanan jemput bola ini, membuat inovasi jempol ibu akan kembali dilanjutkan Tahun 2023 .

Ia pun menargetkan, tahun ini Jempol Ibu akan menyasar 12 kecamatan se-Tabalong, dengan target menerbitkan lebih dari 2000 nib untuk UMKM.

“Jadi kami juga memperhatikan atas petunjuk pimpinan, kita akan memperhatikan juga perkembangan usaha UMKM, tidak hanya perusahaan-perusahaan besar. Karena UMKM ini terbukti juga mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi, dan krisis yang ada di indonesia dianggap UMKM berperan sangat penting.” ucap Suryanadie.

Baca Juga  Ribuan Pohon Ditanam di Jalan Nan Sarunai

Suryanadie menjelaskan, nomor induk berusaha atau NIB sendiri merupakan bentuk legalitas UMKM agar diakui oleh negara, dan pintu masuk bagi pelaku UMKM untuk mengurus berbagai perizinan turunannya, izin-izin tersebut dapat diurus secara mandiri melalui aplikasi OSS. Namun apabila mengalami kendala, DPMPTSP siap melayani dan memfasilitasi proses pengajuan perizinan nya di MPP Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment