Home Editor's Picks Pemkab Tabalong Ikuti Evaluasi Smart City Tahap 1

Pemkab Tabalong Ikuti Evaluasi Smart City Tahap 1

by tabalong hari ini
0 comment

Kementerian Kominfo Republik Indonesia melakukan evaluasi implementasi program Smart City tahap 1 pada 12 Juni 2023. Evaluasi ini dilakukan terhadap Kabupaten Tabalong sebagai salah satu peserta program Gerakan Menuju Kota Cerdas.

Evaluasi ini diikuti langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Tabalong, Arianto, didampingi sejumlah kepala SKPD secara luring di Surabaya, dan diikuti daring oleh sejumlah penanggung jawab 6 dimensi Smart City di Kantor Diskominfo Tabalong.

Pada evaluasi ini, pemerintah Kabupaten Tabalong memaparkan langsung 6 dimensi yang berkaitan langsung dengan Smart City di Tabalong.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Pengembangan Kota Cerdas Diskominfo Tabalong, Eddy Suriyani, mengungkapkan bahwa dari hasil evaluasi yang dilaksanakan, tanggapan dari Kementerian Kominfo sudah cukup baik. Kementerian Kominfo juga menyarankan agar keenam pilar ini dapat dikembangkan lebih baik lagi.

“Untuk hasil evaluasi tahap 1 ini, tanggapan dari Kementerian cukup baik dan responnya positif. Mereka menyarankan agar dikembangkan lebih bagus dan lebih baik ke depan. Tanggapan positif ini kita akan coba kolaborasi kembali dengan SKPD terkait, agar 6 pilar yang telah kita laksanakan ini menjadi lebih baik ke depannya,” ujar Eddy Suriyani, Kabid Pengembangan Kota Cerdas Diskominfo Tabalong.

Pihak Diskominfo Tabalong akan mencoba mengajukan inovasi sesuai 6 dimensi tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan pada semester kedua nantinya akan dikembangkan lagi dengan mencoba menambahkan sejumlah quickwin baru, sehingga pada evaluasi tahap 2 di bulan Oktober, Smart City Tabalong dapat lebih lengkap.

Baca Juga  Cafe Durian Desa Burum Raih Omset Jutaan Rupiah per Hari

Diketahui, 6 dimensi yang dipaparkan dalam penilaian tahap 1 ini adalah smart governance dengan inovasi Lapat Batangkup dari Kesbangpol Tabalong, smart branding dengan inovasi layanan live streaming melalui TV Tabalong Apps dari LPPL TV Tabalong, smart living dengan inovasi Langsat Manis dari Dinas Perhubungan Tabalong, smart economy dengan inovasi Lentera Kerang Emas dari Dinas Kopukm Perindag Tabalong, smart society dengan inovasi Buah Pampakin dari Dinas Sosial Tabalong, serta smart environment dengan inovasi Sapat Siam dari Dinas Lingkungan Hidup Tabalong.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment