Home Tabalong Hari IniKesehatan Dukung Atasi Stunting, Adaro Siapkan Dana 1 Miliar Rupiah

Dukung Atasi Stunting, Adaro Siapkan Dana 1 Miliar Rupiah

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pengentasan stunting di Tabalong, PT Adaro Group menggelar peningkatan kapasitas pelaku program percepatan penurunan stunting Kabupaten Tabalong.

Pelatihan bertajuk Peningkatan Kapasitas Pelaku Program Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Tabalong digelar Adaro Group melalui PT Adaro Indonesia, PT Sapta Indra Sejati, dan Yayasan Adaro Bangun Negeri.

Pelatihan ini dibuka pada tanggal 12 Juni 2023 di Gedung Informasi Tanjung dan dilanjutkan dari tanggal 11 sampai dengan 15 Juni 2023 di Gedung Djoeang Sulingan.

Pelatihan diikuti 25 peserta, terdiri atas 20 kader posyandu dari 10 desa, 4 fasilitator kecamatan, dan 1 fasilitator kabupaten. Para peserta ini berasal dari desa dan kecamatan yang terbilang rentan stunting.

CSR Section Head PT Adaro Indonesia, Firmansyah, yang ditemui usai pembukaan pelatihan menyebutkan bahwa total dana yang disiapkan Adaro untuk mengentaskan stunting di Tabalong tahun 2023 lebih dari 1 miliar rupiah. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pendampingan, pelatihan, dan pemberian nutrisi tambahan bagi anak stunting.

“Harapannya kita bekerja cepat dan cerdas nih untuk tahun ini ya. Ini sangat penting karena pendampingan ini hal utama, karena tanpa pendampingan dan data akurat, tentu kita tidak akan bisa mempercepat penurunan ini, karena sangat penting itu,” ujar Firmansyah, CSR Section Head PT Adaro Indonesia.

Materi pelatihan kali ini disampaikan langsung oleh Medha Parahita Indonesia, selaku konsultan pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada pendampingan sasaran balita stunting dan ibu hamil kekurangan energi kronik.

Baca Juga  Tips Jaga Daging Tetap Sehat dan Layak Konsumsi

Materi pelatihan mencakup intervensi gizi spesifik, intervensi sensitif, fasilitasi dan pemberdayaan masyarakat, problem solving, 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), akses pangan, serta penggunaan sistem informasi pelaporan berbasis elektronik.

Pelatihan stunting ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bappedalitbang Tabalong, serta dihadiri perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, perwakilan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, serta perwakilan PT Adaro Indonesia, PT Sapta Indra Sejati, dan mitra kerja.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment