Home Tabalong Hari IniKesehatan Pemkab Tabalong Optimis Angka Stunting Turun Hingga 14%

Pemkab Tabalong Optimis Angka Stunting Turun Hingga 14%

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong mengapresiasi upaya Adaro untuk membantu mengentaskan stunting di Tabalong. Dengan adanya dukungan dari pihak swasta ini, diharapkan angka stunting Tabalong turun ke angka 14 persen, sesuai target nasional.

Harapan tersebut diungkapkan Kepala Bappedalitbang Tabalong, Muhammad Noor Rifani, usai membuka pelatihan peningkatan kapasitas pelaku program percepatan penurunan stunting Kabupaten Tabalong, yang digelar Adaro Group pada 12 Juni 2023 di Gedung Informasi Tanjung.

Noor Rifani mengapresiasi pelatihan yang diberikan Adaro karena diperuntukkan bagi kader-kader desa, pasalnya mereka merupakan ujung tombak untuk menurunkan stunting.

Ia juga menilai, melalui kolaborasi antara dunia usaha dan masyarakat ini, akan meningkatkan kualitas penanganan stunting di Tabalong yang saat ini berada di angka 18 persen.

Untuk itu, Rifani optimis angka stunting Tabalong turun hingga memenuhi target nasional, yakni 14 persen pada tahun 2024 mendatang.

“Harapan kita ini bisa tercapai, dan saya optimis ini bisa tercapai mengingat… pertama langkah-langkah yang dilakukan pemerintah juga sangat massif, kemudian juga dunia usaha bergerak bersama-sama. Saya kira dengan kebersamaan, sinergi, dan kolaborasi ini insya Allah harapan sesuai RPJMN, harapan pimpinan Pak Bupati ini bisa kita wujudkan,” ujar M. Noor Rifani, Kepala Bappedalitbang Tabalong.

Diketahui, pelatihan diikuti 25 peserta, terdiri atas 20 kader posyandu dari 10 desa, 4 fasilitator kecamatan, dan 1 fasilitator kabupaten. Para peserta ini berasal dari desa dan kecamatan yang terbilang rentan stunting.

Baca Juga  PT. SABK Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

Materi pelatihan kali ini mengenai intervensi gizi spesifik, intervensi sensitif, fasilitasi dan pemberdayaan masyarakat, problem solving, 5 pilar STBM, akses pangan, serta penggunaan sistem informasi pelaporan berbasis elektronik.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment