Home Tabalong Hari IniAnak Inovasi Jadi Cara Tabalong Wujudkan KLA Utama

Inovasi Jadi Cara Tabalong Wujudkan KLA Utama

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai Kabupaten Layak Anak kategori utama di tahun 2023, pemerintah Kabupaten Tabalong melakukan berbagai upaya, seperti adanya belasan inovasi dari Pemkab Tabalong dalam mendukung Kabupaten Layak Anak.

Dalam penilaian Kabupaten Layak Anak, terdapat 24 indikator dari 5 klaster yang harus dipenuhi oleh Kabupaten Tabalong, seperti klaster pertama Hak Sipil dan Kebebasan, klaster dua Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, klaster 3 Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, klaster 4 Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya, serta klaster 5 Perlindungan Khusus.

Selain pemenuhan terhadap 5 klaster tersebut, dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak, Kabupaten Tabalong memperkuat dari sisi kelembagaan, seperti adanya Perda tentang KLA dan Rencana Aksi Daerah KLA, serta keterlibatan semua pihak dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak.

“Saat ini kami mulai merasakan bahwa kriteria kelembagaan dan klaster-klaster tadi tidak hanya kami wujudkan untuk mendapatkan status Kabupaten Layak Anak yang tertinggi, yaitu utama, tetapi apa yang terurai dalam kelembagaan dan klaster-klaster tadi sudah menjadi kebutuhan kami. Tanpa ada evaluasi pun, kami akan terus mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai Kabupaten Layak Anak,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Selain pemenuhan 5 klaster KLA dan penguatan dari sisi kelembagaan, pemerintah Kabupaten Tabalong saat ini telah memiliki 14 inovasi di masing-masing klaster untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Layak Anak tahun 2023 di Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Desa Uwie Dicanangkan Sebagai Kampung Benih Cabai Tiung Tanjung

Seperti inovasi yang diberi nama Lapat Kaka Kia, Tamasa, Siaga Cepat, Parutan Logam Si Acil, Simtaru, Langsat Manis, Kemilau Cinta Terintegrasi, Si Mas Ganteng Kelua, Kupas Ketapi, Jambu Air Bertangkai, Lanjung Si Patma, dan Petasan Kembang Api.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment