Home DPRD Finishing KUA PPAS, APBD Tabalong 2024 Capai 2,4 Triliun

Finishing KUA PPAS, APBD Tabalong 2024 Capai 2,4 Triliun

by Muhammad Rais
0 comment

Pemkab Tabalong akan memperoleh tambahan pendapatan kurang lebih 374 miliar rupiah untuk tahun anggaran 2024. Rencananya, tambahan anggaran tersebut digunakan untuk program kerja yang belum terakomodir dalam pagu penetapan KUA PPAS 2024.

Hal tersebut dibahas Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong bersama Badan Anggaran DPRD Tabalong dalam rapat finishing Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2024 pada Sabtu, 5 Agustus 2023, di Sekretariat DPRD Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Sekretaris Daerah Tabalong, Hamida Munawarah, menyampaikan pasca audit dan hasil rekomendasi BPK RI, Pemkab Tabalong akan memperoleh tambahan pendapatan sebesar 374 miliar 339 juta rupiah. Penambahan anggaran ini menunggu pengesahan Peraturan Menteri Keuangan.

Anggaran sebesar 374 miliar 398 juta rupiah tersebut akan digunakan untuk program kerja yang belum terakomodir dalam pagu penetapan KUA PPAS tahun 2024. Namun, karena anggaran program kerja yang belum terakomodir mencapai 536 miliar 986 juta rupiah, maka TAPD dan DPRD Tabalong akan menentukan program kerja prioritas untuk dikerjakan pada APBD induk. Sedangkan sisanya direncanakan melalui APBD Perubahan.

“Program-program yang sudah menjadi usulan SKPD kita sisir kembali, mana yang lebih prioritas, yang tidak prioritas kita hilangkan. Karena pada saat pembahasan di SKPD itu penambahannya cukup banyak sekitar 500’an, jadi harus kita kurangi.” ujar Hamida Munawarah, Sekretaris Daerah Tabalong.

Baca Juga  IGD Puskesmas Kelua Tetap Buka Selama Lebaran

Rapat yang digelar ini merupakan hari kelima. Sebelumnya, selama empat hari berturut-turut, DPRD Tabalong membahas KUA PPAS setiap SKPD Pemkab Tabalong dengan masing-masing SKPD tersebut.

Dari pembahasan selama empat hari, diperoleh pagu penetapan KUA PPAS tahun 2024 sebesar 2 triliun 87 miliar rupiah. Dengan adanya tambahan pendapatan hasil audit dan rekomendasi BPK sebesar 374 miliar 339 juta rupiah, maka pagu akhir KUA PPAS tahun 2024 mencapai 2 triliun 456 miliar rupiah.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment