Home Editor's Picks Tips Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Tips Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan

by tabalong hari ini
0 comment

Intensitas curah hujan di Tabalong, semakin meningkat akhir-akhir ini. Berbagai persiapan tentunya harus dilakukan untuk menghadapi musim ini, termasuk soal cara menjaga kesehatan tubuh, sebab musim penghujan seringkali menjadi faktor penyebab munculnya penyakit, Lantas bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim penghujan tiba, berikut informasinya untuk anda.

Di Indonesia, musim hujan biasanya dimulai pada bulan November hingga puncaknya terjadi pada bulan Maret.

Peningkatan intensitas curah hujan ini juga terjadi di wilayah perkotaan kabupaten Tabalong.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dilansir melalui situs BMKG, dalam satu minggu kedepan terhitung dari tanggal 25 Februari 2023, Kabupaten Tabalong akan dilanda hujan setiap harinya.

Intensitas curah hujan yang semakin meningkat, menyebabkan terjadinya peningkatan suhu, kelembaban, dan bencana alam banjir.

Ketiga faktor tersebut seringkali menjadi penyebab munculnya penyakit, seperti flu, demam, malaria, diare, alergi pada kulit, infeksi pernapasan, dan pneumonia.

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut, kami telah merangkum beberapa tips menjaga kesehatan selama musim hujan.

Pertama, kenakan pakaian hangat seperti jaket dan sweater ketika bepergian, serta selalu membawa payung atau jas hujan. Gunakan juga masker untuk mengurangi penularan virus, dan bakteri yang bisa masuk melalui saluran pernapasan.

Tips kedua, perbanyak minum air.

Mengkonsumsi air tentu sangat penting bagi tubuh kita, selain menghindari tubuh dari dehidrasi, air juga dapat menetralisir makanan yang masuk di tubuh kita.

Anda juga bisa mengkonsumsi minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seperti teh hijau, susu, dan air rebusan jahe.

Lalu tips ketiga adalah hindari makanan yang tidak higienis.

Ada baiknya jika kita memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh kita saat musim hujan, usahakan untuk tidak sesering mungkin jajan di sembarang tempat yang kebersihan makanannya belum tentu terjamin.

Pastikan pula kita memperoleh asupan makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin, khususnya vitamin d yang bagus untuk kekebalan tubuh.

Apabila dirasa perlu, kita juga dapat mengkonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan.

Selanjutnya tips keempat, yakni rajin berolahraga dengan diimbangi tidur yang cukup.

Berdasarkan penelitian american heart association, latihan sehari-hari dapat mencegah infeksi kuman dan bakteri.

Jika tidak dapat berolahraga di luar rumah karena hujan, kita dapat melakukannya di dalam rumah, seperti zumba, cardio, yoga, dan pilates. Tidak yang cukup juga sangat baik bagi tubuh kita, karena membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga  KPU Tabalong Simulasikan Pemungutan & Perhitungan Suara Pemilu 2024

Berdasarkan penelitian yang dilansir situs health.com, orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari akan lebih rentan terkena flu.

Kemudian tips kelima adalah kurangi aktivitas, dan interaksi dengan orang lain di luar rumah.

Di musim hujan sekarang ini, orang – orang akan rentan terkena penyakit. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga diri, karena penularan penyakit dapat tersebar melalui udara, interaksi kulit, bahkan cairan pada tubuh seperti air liur.

Tips keenam, hindari tempat – tempat berkumpulnya kuman dan bakteri.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Tabalong, seringkali dilanda banjir atau sekedar digenangi air, ketika curah hujan meningkat. Masyarakat khususnya anak-anak, seringkali bermain di titik banjir tersebut. Padahal tempat seperti itu terindikasi menjadi tempat berkumpulnya kuman, dan bakteri penyebab penyakit seperti infeksi jamur, dan kutu air.

Tips terakhir ialah melakukan pencegahan DBD, dengan cara memasang kelambu atau menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk, serta menjaga kebersihan lingkungan. Pastikan tumpukan sampah, dan selokan air yang tersumbat agar dibersihkan, sehingga tidak menjadi sarang nyamuk. Jangan lupa juga tutup tempat penyimpanan air anda.

Penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan, apalagi pada saat musim hujan. Sebab, biasanya virus dan bakteri akan sangat banyak berkembang pada musim ini. Dengan membiasakan merawat diri dan lingkungan, akan mengurangi anda beresiko terkena penyakit saat musim hujan.

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment