Home DPRD Komisi III DPRD Tabalong Dorong Upaya Peningkatan Tipe BPBD Tabalong

Komisi III DPRD Tabalong Dorong Upaya Peningkatan Tipe BPBD Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Komisi III DPRD Tabalong dorong kenaikan tipe Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Tabalong dari tipe B ke tipe A. Pasalnya, dengan naiknya tipe BPBD, maka akan berdampak besar pada penganggaran dan peningkatan tugas BPBD Tabalong.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Tiga DPRD Tabalong Supoyo, usai melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi ke BPBD Provinsi Kalsel belum lama tadi.

Menurut Supoyo, kenaikan tipe BPBD Tabalong dapat meningkatkan fungsi koordinasi, komando, dan pelaksanaan penanggulangan bencana yang berbasis kerja.

Selain itu, dengan kenaikan tipe, jumlah personil, sumber daya manusia, sarana prasarana hingga mitigasi bencana yang berasal dari belanja tak terduga atau BTT dapat meningkat.

Lebih lanjut, Supoyo menjelaskan, terdapat tiga indikator penentu dalam kenaikan klasifikasi BPBD, yaitu terkait beban kerja, kemampuan keuangan, dan skala kebutuhan.

Untuk itu, ungkap Supoyo, pihaknya akan berusaha memberikan ruang bagi BPBD Tabalong dalam upaya kenaikan tipe tersebut, baik dari pembinaan maupun sebagai peningkatan sarana prasarana atau kinerja BPBD dilapangan.

“Doa dan harapan kami beserta kawan-kawan Komisi 3 kaitannya dengan BPBD tentang tipe B ke tipe A adalah mensupport menjembatani memfasilitasi agar yang saat ini BPBD itu masih di kelas B kita support menjadi tipe A karena dengan tipe A nanti kita masuk di eselon 2 dan sebagainya, nanti di ending pun di anggaran akan bisa kita dongkrak agar nanti pelaksanaan dilapangan bisa berjalan dengan efektif,” ujar Supoyo, Ketua Komisi III.

Baca Juga  Pembangunan Infrastruktur Prioritas APBD Perubahan 2023

Supoyo menambahkan, dengan kenaikan tipe klasifikasi BPBD nantinya diharapkan dapat memberikan dua poin penting dalam hal mitigasi kebencanaan, yaitu meminimalisir korban manusia dan meminimalisir korban harta benda.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment