Home Tabalong Hari Ini 510 Jamaah Calon Haji Ikuti Manasik Masal di Tabalong

510 Jamaah Calon Haji Ikuti Manasik Masal di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Majelis Ta’lim haji dan Umrah Kebimanhata Tabalong menggelar praktek manasik haji masal pada Sabtu 17 Februari 2024 di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan Kecamatan Murung Pudak.

Kajian fiqih dan praktek manasik haji dan umrah masal ini dipimpin langsung oleh Ustadz Ahmad Rizani Asmail, selaku pembimbing Majelis Ta’lim Haji dan Umrah Kebimanhata Tabalong.

Kegiatan ini diikuti 510 orang peserta yang berasal dari Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah.

Dalam kegiatan ini para peserta melakukan praktek langsung penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, mulai dari tawaf, Sa’i, lempar Jumrah, hingga Amaliyah wukuf di Arafah.

Ustadz Ahmad Rizani Asmail mengatakan, pelaksanaan manasik tahun ini digelar jauh lebih awal, sehingga para jamaah calon haji yang berangkat di tahun 2024 dapat lebih siap.

“Untuk pertemuan manasik sendiri tahun ini alhamdulillah jauh lebih awal karena kita bersyukur kementerian agama tahun ini memberikan satu masukan yang luar biasa bagi kami, dan ini satu apresiasi yang patut kita syukuri dan banggakan. Ketika jamaah haji tahun 2023 masih berada di arab saudi, belum balik ke Indonesia pasca wukuf, Kementerian Agama Tabalong sudah mengeluarkan list jamaah calon haji 2024, sehingga mereka bisa maksimal belajar. Alhamdulillah tahun ini kita memulai pelajaran itu hanya berselisih 2 bulan saja dari kedatangan haji dan alhamdulillah sampai detik ini kita sudah melakukan pertemuan tidak kurang dari 22 kali pertemuan, kami berharap nanti ada pertemuan pamungkas setelah nanti ditentukan kloter dan gelombang keberangkatan, sehingga fix kita bisa menyusun jadwal kegiatan dari keberangkatan,” Ustadz Ahmad Rizani Asmail, Pembimbing Haji & Umrah.

Baca Juga  RSUD Haji Badaruddin Kasim Menerima Visitasi Tim Dari RSUP DR. Kariadi Semarang Untuk Penilaian Program Pengampuan Kesehatan Ibu dan Anak

Ustadz Rizani berharap para jamaah dapat mem persiapkan fisik dan mental, karena dapat dipastikan, kuota jamaah haji di seluruh dunia akan bertambah.

Rizani juga mengingatkan agar para jamaah selalu memperhatikan arahan-arahan yang disampaikan oleh para pembimbing haji.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment