Home DPRD Jurni Minta Kesejahteraan TKS Nakes Ditingkatkan

Jurni Minta Kesejahteraan TKS Nakes Ditingkatkan

by Muhammad Rais
0 comment

Wakil Ketua 1 DPRD Tabalong Jurni, meminta Dinas Kesehatan Tabalong untuk meningkatkan kesejahteraan dan status tenaga kesehatan yang statusnya Tenaga Kerja Sukarela (TKS). Pasalnya, dengan meningkatnya kesejahteraan dan status TKS, diharapkan kualitas layanan kesehatan masyarakat turut meningkat.

Hal tersebut diutarakan Jurni dalam rapat Badan Anggaran DPRD Tabalong bersama TAPD Pemkab Tabalong, yang beragenda pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) induk tahun anggaran 2024 pada Rabu, 2 Agustus 2023, di ruang Sekretariat DPRD Tabalong.

Jurni meminta kepada jajaran Dinas Kesehatan Tabalong agar di tahun 2024 tidak ada lagi tenaga kesehatan yang berstatus sebagai Tenaga Kerja Sukarela. Pasalnya, penghasilan yang didapat TKS Nakes dinilai jauh dari kata cukup.

“Makanya oleh sebab itu kami memintakan kalau kita butuh tenaga medis umpama perawat atau tenaga bidan kita adakan seleksi saja, tidak masalah. Karena kalau tenaga itu dibutuhkan, itu harus diisi. Penduduk sekian, umpama bidannya berapa dan juga perawatnya berapa, itu pasti ada disana. Menurut kami, janganlah kita asal-asalan memberi lapangan pekerjaan kepada perawat kita yang ada di daerah Tabalong, tapi penghasilannya kita tidak memperhatikan,” ujar Jurni, Wakil Ketua I DPRD Tabalong.

Menyikapi hal tersebut, dr. Taufiqurrahman Hamdie Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, saat diwawancarai mengatakan bahwa di tahun 2024 pihaknya akan melakukan penguatan kualitas mutu kesehatan, termasuk mengenai status dan kesejahteraan TKS Nakes.

Baca Juga  DPRD Tabalong Inginkan Pertanian di Tabalong Miliki Database

“Kita penguatan-penguatan kualitas mutu kesehatan juga segera kita tingkatkan, baik itu masalah kesejahteraan staf-staf kesehatan yang termasuk masalah tunjangannya dan sebagainya, dan statusnya juga kita perbaiki. Rencana kita laksanakan semua di tahun 2024,” ujar dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Selain itu, di tahun 2024 Dinas Kesehatan Tabalong akan merehabilitasi fasilitas-layanan kesehatan, seperti perbaikan di sejumlah Puskesdes dan relokasi Puskesmas.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment